COVID Telan 1 Juta Jiwa di Dunia, Ekonomi Global Tiarap

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 29 Sep 2020 23:00 WIB
Poster
Dampak Virus Corona Bagi Perekonomian Dunia (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Berdasarkan data John Hopkins University Amerika Serikat (AS), virus Corona (COVID-19) telah menelan lebih dari 1 juta jiwa di seluruh dunia. Dampaknya, perekonomian ikut terbalik dalam kurun waktu 9 bulan.

Virus itu awalnya datang dari Wuhan, China, lalu menyebar hampir ke seluruh negara. Adapun total kematian terbanyak ada di AS, Brasil, India, dan Meksiko.

Sementara itu, angka kematian pasien COVID-19 mencapai 200.000 jiwa di AS pada pekan lalu. COVID-19 sendiri telah melanda hampir setiap negara, dan telah menginfeksi lebih dari 33 juta orang di sepanjang jalan.

"Satu juta adalah angka yang mengerikan, dan saya pikir kita perlu merenungkannya sebelum kita mulai mempertimbangkan satu juta kedua," kata Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan World Health Organization (WHO) Dr. Mike Ryan seperti yang dilansir dari CNBC, Selasa (29/9/2020).

Dari pasar basah di Wuhan, virus Corona telah menyusup ke Asia dalam beberapa minggu setelah penemuannya sebelum menyebar ke Eropa, menghantam AS pada bulan Januari di negara bagian Washington dan New York City, lalu menyebar ke seluruh Amerika Latin, dan sekarang Afrika.

Untuk di AS, sendiri, saat ini Federal Reserve dan Anggota Parlemen AS sedang berupaya untuk menerapkan stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya yang bertujuan untuk mendukung ekonomi terbesar di dunia selama penghentian aktivitas ekonomi global.

(dna/dna)