Jokowi: Insya Allah Akhir Tahun Vaksin Bisa Disuntikkan

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 30 Sep 2020 16:22 WIB
Presiden Jokowi saat berpidato di Sidang Umum PBB
Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para pelaku usaha mikro dan usaha kecil bisa mempertahankan bisnisnya hingga vaksin virus Corona datang ke tanah air. Dirinya menyebut, vaksin sudah mulai tersedia pada akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021.

"Insya Allah akhir tahun atau awal tahun depan vaksinnya sudah bisa disuntikkan," kata Jokowi saat membagikan bantuan modal kerja (BMK) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Dia mengatakan, kehadiran vaksin virus Corona bisa menormalkan kembali situasi perekonomian nasional yang saat ini sedang sulit. Meski begitu, dirinya tetap minta para penerima bantuan mulai dari pedagang asongan, pedagang rumahan, hingga pedagang kaki lima tetap mempertahankan bisnisnya.

Menurut Jokowi proses pembagian vaksin pun bukan hal yang mudah. Sebab, vaksin akan disebar kepada 170 juta sampai 180 juta orang di Indonesia.

"Butuh berapa bulan juga ini memerlukan kerja keras kita semua," jelasnya.

Dia pun berharap, pemberian bantuan modal kerja ini bisa menambah modal para pelaku usaha yang omzetnya tergerus selama pandemi COVID-19.

"Saya tahu keadaan bapak ibu semua omzet turun, keuntungan usaha turun, iya bu? keadaan memang seperti itu omzet dulu Rp 1 juta sekarang Rp 500 ribu, dulu Rp 500 ribu sekarang Rp 200 ribu, Rp 300 ribu, saya ke daerah sama, kemarin saya di Bogor juga sama," ungkapnya.



Simak Video "Masih Dibahas, Harga Vaksin Corona di Indonesia Belum Ditetapkan"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/zlf)