Jokowi ke Pedagang Kecil: Usaha Kembali Normal Setelah Vaksinasi

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 01 Okt 2020 16:15 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada gubernur mengenai pengendalian pandemi virus Corona dan pemulihan ekonomi.
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dicurhati pelaku usaha mikro dan usaha kecil di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pedagang mengaku omzetnya turun setelah adanya pandemi COVID-19.

Jokowi dicurhati pedagang kecil saat membagikan langsung bantuan modal kerja Rp 2,4 juta kepada para pedagang yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden.

"Sebelum COVID-19 itu dari hasil semuanya itu mulai dari gorengan, dengan keripik itu bisa sampai Rp 150 satu hari. Tapi setelah COVID-19 kira-kira Rp 70 ribu bersihnya," kata salah satu pedagang, Kamis (1/10/2020).

Jokowi langsung memberi respons. Menurutnya keuntungan yang masih bisa diperoleh di situasi sulit seperti sekarang ini patut disyukuri walaupun jumlahnya sedikit.

Dirinya pun mengingatkan agar para pelaku usaha kecil benar-benar menjaga usahanya tidak sampai tutup. Sebab jika sampai seperti itu akan sulit untuk bangkit kembali.

"Kalau sudah tutup itu mulai lagi sulit, keadaan sudah normal start-nya sangat sulit. Oleh sebab itu pertahankan, bekerja keras, pertahankan. Keuntungan tipis nggak apa-apa pertahankan sampai keadaan nanti normal kembali," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memastikan keadaan akan kembali normal ketika vaksinasi sudah dilakukan awal 2021.

"Kapan keadaan normal itu? Pada saat kita mulai vaksinasi, sudah mulai disuntik vaksin. Nah mulai keadaan menuju ke normal, pariwisata hidup lagi, hotel-hotel penuh lagi, kemudian ya toko-toko ibu-ibu akan mulai kedatangan pembeli sebanyak pada saat sebelum pandemi atau mungkin lebih baik. Keadaannya akan seperti itu," tambahnya.

(toy/ara)