ADVERTISEMENT

Airlangga Sebut Demo Bisa Hambat Pemulihan Ekonomi RI

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 08 Okt 2020 13:44 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers skenario pemulihan ekonomi terkait Corona. Skenario pemulihan ekonomi disiapkan hingga tahun depan.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Aksi demo menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja terus berlangsung. Pemerintah khawatir serangkaian aksi demo ini akan mengganggu pemulihan ekonomi.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan aksi demo yang digelar di masa pandemi berpotensi menambah kasus COVID-19.

"Karena ini tidak hanya membahayakan kepada diri sendiri, tetapi kepada masyarakat sekitar," ucapnya dalam wawancara dengan CNBC Indonesia TV seperti dikutip, Kamis (8/10/2020).

Airlangga melanjutkan, jika kasus COVID-19 meningkat karena aksi demo yang berlangsung saat ini, maka berpotensi menghambat pemulihan ekonomi nasional.

"Nah apabila jumlah mereka yang terpapar COVID-19 meningkat ya tentunya akan berakibat juga pada pemulihan ekonomi," tambahnya.

Airlangga pun mengingatkan bahwa saat ini masih dalam penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran COVID-19. Oleh karena itu dia pemerintah sudah meminta petugas untuk menindak para pendemo sesuai dengan aturan PSBB.

"Dalam PSBB sudah jelas aturannya dan pemerintah sudah berbicara dengan aparat untuk melakukan tindakan tegas. Karena ini tidak hanya membahayakan kepada diri sendiri, tetapi kepada masyarakat sekitar," ucapnya.

(das/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT