Bagikan Bantuan ke Pedagang, Jokowi: Jangan Sampai Usaha Tutup!

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 08 Okt 2020 15:48 WIB
Jokowi
Foto: Alfi Kholisdinuka
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada pelaku usaha mikro untuk berusaha mempertahankan usahanya agar tidak gulung tikar. Dia percaya kondisi ekonomi akan kembali pulih dalam waktu dekat setelah vaksin COVID-19 disebar ke masyarakat.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan bantuan modal usaha Banpres Produktif di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Acara itu dihadiri oleh para pelaku usaha mikro mulai dari toko kelontong, pedagang kaki lima hingga usaha rumahan yang akan menerima bantuan modal Rp 2,4 juta.

"Kita tahu semuanya bahwa keadaan ekonomi sekarang memang tidak mudah, tidak gampang, sulit dan itu dialami oleh semua segmen lapisan pengusaha, baik yang gede sulit, yang tengah sulit, yang kecil mikro juga sulit," katanya seperti dilansir dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (8/10/2020).

Kepada para pelaku usaha mikro Jokowi meminta agar tetap semangat mempertahankan usahanya dan jangan sampai menyerah apa lagi menutup usahanya. Dia berharap dengan bantuan modal itu mereka bisa bertahan.

"Saya minta kita semuanya tetap semangat kerja, jangan sampai kendor, jangan menyerah, jangan sampai usaha kita tutup, ndak. Semuanya harus bekerjanya lebih giat lagi, lebih keras lagi. Bertahan sampai nanti keadaan menjadi normal kembali," tuturnya.

Jokowi kembali memberikan keyakinan bahwa kondisi ekonomi akan segera pulih setelah vaksin COVID-19 disebar. Pemerintah sendiri menargetkan bisa menyebar vaksin di akhir tahun ini.

"Insya Allah nanti awal tahun, atau akhir tahun ini kalau vaksinnya sudah disuntikkan pada masyarakat keadaannya akan menuju pada normal kembali, baik sisi kesehatan maupun sisi ekonomi," ucapnya.

Oleh karena itu, di sisa waktu sebelum vaksin disebar Jokowi meminta mereka untuk tetap bertahan. Sebab menurutnya setiap usaha yang sudah tutup akan jauh lebih sulit untuk memulainya kembali meski keadaan sudah normal.

"Memang harus bertahan betul, jangan sampai ada usaha bapak ibu semua tutup. Sehingga waktu keadaan normal memulainya itu sulit, kalau sudah tutup itu sulit. Jadi bertahan terus sampai keadaan normal dan kita Insya Allah nanti semuanya lebih baik dari sebelum-sebelumnya," tutupnya.

(das/eds)

Tag Terpopuler