Bioskop di Bandung Sudah Buka, Jakarta Kapan?

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 10 Okt 2020 07:00 WIB
Sembilan bioskop di Kota Bandung kembali beroperasi. Pengoperasian sejumlah bioskop itu dilakukan meski Kota Bandung tengah berstatus zona merah COVID-19.
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Pemerintah Kota Bandung mengizinkan bioskop untuk dibuka kembali, meskipun saat ini masih berstatus zona merah atau daerah dengan tingkat kerawanan COVID-19 tinggi. Sebanyak 9 dari 15 bioskop di Bandung diizinkan buka kembali mulai hari ini.

Lalu, bagaimana dengan bioskop-bioskop di kota lainnya terutama Jakarta?

Menurut Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin khusus untuk yang di Jakarta, pihaknya masih menunggu kelanjutan kebijakan PSBB.

"Kita tunggu nanti hari Senin, melihat dulu PSBB-nya diperpanjang atau tidak, saya tidak tahu, kalau diperpanjang ya kita akan evaluasi lagi," ujar Djonny kepada detikcom, Jumat (9/10/2020).

Namun, upaya pembukaan bioskop di kota atau daerah lainnya terus dilaksanakan agar menjadi contoh bagi wilayah yang belum memberi izin buka bioskop.

"Jadi tidak mungkin kita menunggu terus, tidak akan pernah selesai. Kita terus mencoba sekaligus trial ini memberikan edukasi bagi penonton, karyawan terutama," ungkapnya.

Untuk diketahui, izin buka bioskop di Bandung dikeluarkan langsung oleh Pemkot Bandung melalui Surat Edaran Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Bandung.

Namun, bioskop yang diizinkan buka diwajibkan mematuhi sejumlah protokol kesehatan di antaranya staf dan penonton wajib memakai masker di seluruh area bioskop, mengecek suhu tubuh penonton sebelum masuk ke area bioskop, dan mengurangi kapasitas tempat duduk di ruang auditorium hingga 50% guna menjaga jarak aman antar penonton.

Kemudian menerapkan prosedur kebersihan dengan cairan disinfektan diseluruh area bioskop, menyediakan hand-sanitizer dan menghimbau penonton untuk memesan tiket menonton dan makan minum secara online (contactless) dengan pembayaran secara digital (cash-free).

Baca juga: Masih Zona Merah Bandung Buka Bioskop, RK: Tanggung Jawab Kalau Keliru
Berikut daftar bioskop yang mulai beroperasi kembali hari ini, yaitu:

1. CGV Paris Van Java
2. CGV Miko Mall
3. CGV BEC
4. CGV Paskal Shopping Center
5. CGV Metro Indah Mall
6. CGV Kings Shopping Center
7. XXI Bandung Indah Plaza
8. XXI Ciwalk
9. Cinemax Istana Plaza

Salah satu film Box Office yang akan tayang perdana di bioskop Indonesia, adalah Train to Busan 2: Peninsula yang sudah ditunggu tunggu penggemar film di Indonesia. Penayangan film (showtime) di bioskop CGV khususnya akan dimulai pukul 12.00 WIB, dan waktu operasional bioskop akan menyesuaikan dengan jam operasional pusat perbelanjaan di mana CGV berada.

(fdl/fdl)