Selain Jual Gorengan, Maskapai Ini Sewakan Simulator Penerbangan Buat Cari Duit

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 10 Okt 2020 14:30 WIB
Simulator pesawat lion air
Foto: Rina Atriana/detikcom
Jakarta -

Maskapai penerbangan di seluruh dunia menjadi yang paling terdampak pandemi COVID-19. Berbagai upaya dilakukan demi bertahan. Sedikit berbeda dari maskapai lainnya, maskapai satu ini sampai rela banting setir jualan gorengan ke masyarakat.

Namun, selain itu mereka juga menyewakan simulator penerbangannya ke masyarakat umum agar bisa menjadi sumber pendapatan baru di tengah kemerosotan karena COVID-19. Maskapai ini adalah Thai Airways asal Negeri Gajah Putih.

Dikutip dari The Straits Times, Sabtu (10/10/2020), Thai Airways menyewakan simulator untuk empat pesawat mereka yakni Airbus A380, Boeing 777-300ER, Boeing 747-400 dan Boeing 737-400 di kantor pusatnya di distrik Chatuchak Bangkok.

Harga sewa simulator pesawat ini dipatok mulai dari US$ 381 setara Rp 5,6 juta (kurs Rp 14.712/US$) untuk dua orang selama setengah jam.

Hal ini dilakukan karena maskapai yang dinyatakan bangkrut ini tengaj berjuang menghadapi restrukturisasi utang. Maskapai berusia 60 tahun ini dinyatakan bangkrut dengan total utang 332,2 miliar baht (Rp 160,2 triliun). Pengadilan Kebangkrutan Sentral kemudian memberikan persetujuan untuk restrukturisasi utang.

Selain menyewakan simulator pesawatnya dan berjualan gorengan, maskapai ini juga mengubah sebuah kafetaria menjadi restoran bertema maskapai penerbangan lengkap dengan kursi dan baki pesawat, serta suku cadang yang dibuat menjadi meja dan furnitur pelengkap.

(fdl/fdl)