Stop! Jangan Boros, Ini Tips Rem Belanja Online Saat Pandemi

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 12 Okt 2020 16:17 WIB
Belanja online
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat tren belanja online di masyarakat meningkat. Fenomena ini diperkuat dengan adanya kebijakan lockdown dan anjuran diam di rumah.

Survei Selligent terhadap 5 ribu konsumen, hampir 40% mengatakan setiap minggu berbelanja online sejak pandemi COVID-19 melanda. Angka itu meningkat 30% dibandingkan sebelum pandemi.

Kini setengah orang Amerika Serikat diprediksi akan berbelanja online dibandingkan berbelanja ke toko. Sejauh ini penjualan perusahaan ritel juga dikabarkan melonjak.

"Saya pikir secara keseluruhan, orang-orang bosan," kata Wakil Presiden Komunikasi Selligent Sylvie Tongo dikutip dari CNBC, Senin (12/10/2020).

Sedangkan menurut asisten profesor di University of Southern California's School of Business, Lars Perner mengatakan berbelanja juga bisa menjadi cara untuk mengatasi kesendirian.

Namun, hal itu pun bisa dicegah dengan agar tidak boros. Presiden Asosiasi Terapi Keuangan dan Perencana Keuangan Sarah Asebedo merekomendasikan cara bagaimana menahan pengeluaran dari belanja online yang berlebihan.

1. Membuat rencana pengeluaran dan tabungan

Membuat rencana pengeluaran bisa mengetahui kemana saja pengeluaran digunakan. Hal itu untuk memastikan pengeluaran tidak menggangu rencana tabungan. Selanjutnya belilah barang sesuai kemampuan keuangan Anda.

2. Fokus pada keuangan

Fokus pada keuangan diri sendiri dapat membantu Anda menghindari membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu bagus.

Menurut pakar keuangan NerdWallet Kimberly Palmer kini banyak diskon yang dilayangkan toko online guna mempertahankan bisnis mereka. Coba untuk menahan di saat-saat seperti itu gunanya untuk fokus pada keuangan dan kebutuhan.

3. Hindari belanja larut malam

Selain penganggaran, Anda mungkin perlu menerapkan beberapa langkah keamanan lainnya. Cobalah untuk menghindari berbelanja larut malam saat Anda lelah. Saat sepeti itu sulit untuk tubuh dan otak membandingkan harga barang dan seberapa butuh barang itu untuk diri Anda.

4. Buat hari tenang tanpa belanja online

Cobalah untuk menghindari belanja online untuk waktu 48 jam. Bahkan lebih baik hindari berbelanja online satu pekan untuk menghindari pemborosan. Mungkin bisa dilakukan untuk melepas kartu kredit sehingga ketika berbelanja butuh uang tunai dan penggunaan uang tunai itu memerlukan waktu dan tenaga lebih untuk pergi ke ATM.



Simak Video "Tiru Thailand, Satgas Covid-19 Minta Protokol Kesehatan Dipertegas "
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)