Kepala Bappenas Bertemu Sri Sultan HB X, Ini yang Dibahas

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Kamis, 15 Okt 2020 20:12 WIB
Kepala Bappenas bertemu Sri Sultan HB X
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom: Kepala Bappenas bertemu Sri Sultan HB X
Yogyakarta -

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bertemu Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Bappenas menyebut pertemuan itu untuk memastikan adanya sinkronisasi perencanaan pembangunan.

Suharso mengatakan pemerintah dan pemerintah daerah (Pemda DIY) melakukan sebuah rapat kerja dalam rangka untuk memikirkan dan saling bertukar informasi. Di mana Informasi itu berkaitan dengan perencanaan pembangunan.

"Bahwa kehadiran kami di sini adalah untuk mengetahui dan mendengar sendiri dari tangan pertama, hal-hal yang terkait dengan perencanaan pembangunan," katanya saat ditemui wartawan di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (15/10/2020).

Selain itu, pihaknya ingin melihat sejauh mana terjadinya sinkronisasi dengan pembangunan nasional, dan kemudian apakah yang diusulkan provinsi DIY ini masih tetap berlaku. Nantinya, usulan tersebut menjadi dasar perencanaan pembangunan di daerah-daerah.

"Jadi tujuan kami ke daerah itu untuk memastikan terjadinya sinkronisasi, konvergensi dari semua perencanaan pembangunan," ujarnya.

Menurut Suharso, banyak hal yang dia peroleh khususnya terkait ekonomi DIY selama pandemi COVID-19.

"Banyak hal yang kami peroleh, dan yang bisa kita dorong dan manfaatkan untuk daerah lain. Dan kami ingin tahu sejauh mana antisipasi dan apa yang dilakukan Pemda DIY dalam keadaan ekonomi yang terganggu akibat pandemi," ucapnya.

Dari data yang diperoleh, pihaknya akan mencari jalan keluar, seperti sumber pertumbuhan ekonomi selama pandemi COVID-19 dari sektor apa. Semua itu agar perencanaan pembangunan berjalan dengan semestinya.

"Kemudian kami membaca apa saja yang dilakukan dan kami juga mengusulkan apa saja yang bisa dilakukan. Jadi sumber-sumber pertumbuhan ekonomi ke depan apa dan apa yang jadi beban, yang mudah-mudahan bisa diatasi, tidak hanya oleh DIY dan dukungan oleh pemerintah pusat," kata Suharso.

(hns/hns)