Cara Genjot Produk UMKM Biar Nggak Cuma Jago Kandang

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Jumat, 16 Okt 2020 15:21 WIB
Pengusaha UMKM konveksi batik tulis Wijiastuti menunjukan koleksi baju batik tulis di workshopnya, Butik Dewi Sambi, Cipadu, Kota Tangerang,  Kamis (1/10/2020). Menurutnya, permintaan baju batik tulis melorot hingga 50 persen selama masa pandemi COVID-19.
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Yogyakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengaku tengah berupaya untuk mempermudah ekspor produk UMKM. Salah satu upayanya adalah dengan pembinaan yang bertujuan meningkatkan kualitas barang UMKM itu sendiri.

"Berkaitan dengan produk memang kita ada pembinaan untuk ekspor. Sehingga produk-produk ini, yang dimiliki UMKM ini bisa ditingkatkan kualitasnya," katanya saat ditemui di The Phoenix Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, Jumat (16/10/2020).

Hal tersebut akan dibarengi dengan mengkomunikasikan bagaimana cara memasarkan produk ekspor bagi pelaku UMKM. Menurutnya, Kementerian Perdagangan telah memiliki beberapa program untuk mewujudkannya.

"Kemudian juga produktivitasnya sesuai dengan permintaan user. Kita ada program business matching, nah ini juga ada promotion center dan trade export juga menjadikan ajang bagaimana meningkatkan UMKM," ucapnya.

"Jadi untuk UMKM ini program sekarang meningkatkan kualitas produk, kemudian desain kemasan dan pasar. Ini adalah pembinaan yang kita berikan untuk pembinaan ekspor," imbuh Agus.

Langsung klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2