Sabar Lur! Pembukaan Bioskop di Semarang Lagi Dibahas

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Jumat, 16 Okt 2020 15:56 WIB
Pembukaan Bioskop: Bahagia Bikin Sehat atau Justru Jadi Bahagia Karena Sehat?
Ilustrasi/Foto: ABC Australia
Semarang -

Bioskop di Jakarta segera dibuka meski tak serentak, bahkan di Batam hari ini bioskop mulai beroperasi. Kota Semarang ternyata juga sudah mulai melakukan kajian untuk membuka bioskop.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Indriyasari mengatakan simulasi sudah dilakukan dan saat ini sedang dalam pengkajian untuk membuka kembali bioskop di masa pandemi COVID-19.

"Kemarin sudah kita simulasikan. Setelah ini akan kami kaji," kata Indri kepada detikcom lewat pesan singkat, Jumat (16/10/2020).

Terkait syarat dan kapasitas bioskop, Indri menjelaskan pada dasarnya harus patuh protokol kesehatan. Sedangkan kapasitas akan disesuaikan dengan ruangan, dan pelanggan tidak bisa membeli kursi yang sudah diputuskan untuk tetap kosong agar berjarak.

"Maksimal penonton setiap bioskop dan setiap ruangan berbeda-beda, tergantung kapasitas, karena prinsipnya harus berjarak. Tidak ada desain khusus, akan tetapi kursi yang tidak boleh diduduki sudah dari awal booking tidak bisa dibeli," jelasnya.

Sementara itu Pejabat Sementara Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto mengatakan, waktu pembukaan belum bisa dipastikan. Namun ia berharap pembukaan bioskop bisa membantu menggerakkan perekonomian di Ibu Kota Jawa Tengah itu.

"Kita evaluasi dulu, apakah ada yang kurang. Kita tidak hanya membuka, tapi cek juga tempat duduknya," kata Tavip di DP Mall Semarang.

"Jadi nanti perekonoian bisa bergera dan hiburan bergerak," imbuhnya.

(alg/hns)