Jualan Online Hingga Buat Drive Thru, Cara Peritel Bertahan dari COVID

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 16 Okt 2020 17:45 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengungkapkan kolaborasi menjadi salah satu modal penting bagi pengusaha ritel nasional mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi Corona yang terjadi sekarang ini.

Wakil Ketua Umum Aprindo, Fernando Repi mengatakan kolaborasi yang dimaksud adalah bekerja sama dengan perusahaan pembayaran online. Dia menjelaskan, kegiatan tersebut menjawab kebiasaan masyarakat yang selama pandemi terbiasa berinteraksi via digital.

"Ini tidak hanya kolaborasi terhadap suplier, tapi langsung masuk ke omni atau online channel. Jadi ini salah satu alternatif channel transaksi dan ini sudah dilakukan, ke depan akan begitu banyak pilihan," kata Fernando dalam webinar MarkPlus, Jumat (16/10/2020).

Selanjutnya, peritel modern juga harus mengedepankan faktor kesehatan guna menjaga loyalitas para pelanggannya. Selain itu, pengusaha ritel juga harus memiliki konsep-konsep baru yang bisa menjadi daya tarik pelanggan untuk membelanjakan dananya.

"Beberapa contoh peritel modern, ini post normal di ritel modern, banyak kolaborasi, dengan online payment, delivery. Menariknya juga ada anggota Aprindo yang melakukan drive thru," jelasnya.

Fernando mengungkapkan, kinerja penjualan ritel secara online mengalami peningkatan dibandingkan transaksi online selama pandemi Corona. Dia berharap ke depan, kontribusi penjualan online bisa mencapai 20%.

"Sampai kuartal IV kita berharap online di ritel modern bisa memberikan kontribusi 5-6% terhadap penjualan ritel. Ke depan kontribusi bisa 20%. Tentunya balik lagi kreativitas dan kolaborasi serta pemanfaatan big data agar konsumen mendapatkan pengalaman menarik, ini akan menjadi strategi masing-masing peritel," ungkapnya.

(hek/dna)