Nice! Deretan Perusahaan Ini Terapkan WFH Permanen

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 19 Okt 2020 12:49 WIB
Virus corona: Bagaimana Covid-19 memaksa terjadinya eksperimen kerja dari rumah secara nasional
Ilustrasi/Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Sejak pandemi COVID-19 melanda, seluruh perusahaan mengeluarkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk seluruh karyawannya. Kini kasus COVID-19 masih terus melonjak, hal itu membuat sejumlah perusahaan khawatir akan keselamatan dan kesehatan pekerjanya.

Dikutip dari CNN, Senin (19/10/2020) berikut ini sejumlah perusahaan yang berencana menerapkan WFH permanen untuk karyawannya.

Dropbox

Perusahaan layanan penyimpanan Dropbox yang memiliki 3.000 ribu karyawan akan terus melakukan WFH untuk jangka panjang. Namun, beberapa pekerja mungkin sesekali kembali ke kantor bagi karyawan yang terlibat dalam proyek kolaboratif di Studio Dropbox.

Facebook

Pemilik dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg mengatakan sebanyak 50% karyawan akan WFH dalam lima hingga 10 tahun ke depan. Dia mengemukakan idenya dalam upaya memuaskan preferensi karyawan dan menciptakan kemakmuran ekonomi yang lebih luas.

Okta

Perusahaan perangkat lunak Okta (OKTA) berencana memberlakukan WFH untuk 85% dari 2.600 karyawannya. Sebelum pandemi COVID-19 melanda, 30% pekerja telah melakukan WFH.

Shopify

Shopify mengumumkan mereka sedang bertransisi menjadi perusahaan digital by default. Artinya, meskipun perusahaan membuka kembali kantornya pada tahun 2021, sebagian besar karyawan akan WFH secara permanen. Menurut CEO Shopify Tobi L├╝tke budaya bekeja di kantor sudah berakhir.

Slack

Slack yang menyediakan platform komunikasi untuk pekerja selama WFH telah membuka lowongan pekerjaan yang mengkhususkan bekerja secara remote. Selain itu, sebagian besar karyawan Slack juga memiliki opsi WFH permanen.

Square

Perusahaan lain milik CEO Twitter Jack Dorsey, Square (SQ), berencana mengizinkan karyawannya untuk WFH bahkan setelah pandemi berakhir. Square menginginkan karyawannya dapat bekerja dari lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Twitter

Twitter juga mengatakan akan mengizinkan beberapa karyawannya untuk WFH permanen. Perusahaan teknologi tersebut mengatakan kinerja pekerja selama WFH selama beberapa bulan terakhir telah menunjukkan bahwa mereka dapat bekerja dalam skala besar untuk jangka panjang.

Zillow

Zillow sebuah perusahaan pasar real estat, memberi karyawannya lebih banyak fleksibilitas untuk WFH. Perusahaan berencana menerapkan WFH permanen kepada beberapa karyawan, sementara yang lain mungkin datang ke kantor beberapa kali dalam sebulan atau beberapa hari dalam seminggu.

(ara/ara)