Bye-bye Pajak Mobil Baru 0%

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 20 Okt 2020 05:30 WIB
Mobil baru diwacanakan mendapat insentif pembebasan pajak hingga 0 persen. Tapi kebijakan ini dikhawatirkan mengganggu kelangsungan bisnis pedagang mobil bekas.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara tegas menyebut tidak akan membebaskan pajak alias memberikan pajak 0% untuk pembelian mobil baru. Menurutnya, dalam waktu dekat tidak ada rencana dan pembahasan mengenai hal tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menolak usulan tersebut yang sebelumnya disampaikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Kita tidak mempertimbangkan saat ini untuk memberikan pajak mobil baru sebesar 0% seperti yang disampaikan oleh industri dan Kementerian Perindustrian," katanya dalam Konferensi Pers APBN KiTa Edisi Oktober 2020 yang disiarkan lewat Youtube Kemenkeu, Senin (19/10/2020).

Sri Mulyani merasa telah memberikan dukungan kepada industri melalui beberapa insentif. Di sisi lain pihaknya akan mengevaluasi seluruh insentif yang telah diberikan agar tetap menimbulkan keadilan.

"Kita akan terus coba untuk berikan dukungan-dukungan kepada sektor industri keseluruhan melalui insentif-insentif yang kita sudah berikan. Setiap insentif yang kita berikan akan kita evaluasi lengkap, sehingga jangan sampai kita berikan insentif, di satu sisi berikan negatif ke kegiatan ekonomi yang lain," ucapnya.

Apa kata pengusaha otomotif? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2