Perusahaan Logistik China Setop Pengiriman Terkait BTS, Kenapa?

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 20 Okt 2020 14:21 WIB
In this video grab issued Sunday, Aug. 30, 2020, by MTV, BTS performs Dynamite during the MTV Video Music Awards. (MTV via AP)
Foto: Dok. AP
Jakarta -

Salah satu cabang perusahaan logistik China di Korea Selatan Yunda Express memutuskan untuk memberhentikan sementara pengiriman yang berkaitan dengan grup K-pop BTS.

Menurut media China, Sina.com pernyataan itu diumumkan Yunda pada akun media sosial Weibo Perusahaan itu tidak memberikan alasan spesifik, mereka merasa semua orang sudah tahu alasannya.

"Alasannya adalah yang kita semua tahu," kata pihak Yunda, dikutip dari Allkpop, Selasa (20/10/2020).

Namun, beberapa sumber mengatakan butut setelah adanya pernyataan salah satu anggota BTS saat memberikan sambutan di award Van Fleet Award.

Leader BTS yang biasa dipanggil RM saat itu menyebutkan akan mengenang sejarah penderitaan Korsel dan AS dalam Perang Korea dengan Korut yang terjadi pada 1950-1953. RM juga menjuluki Korsel dan AS dengan sebutan Two Nations

"Tahun ini menandai peringatan 70 tahun Perang Korea. Kami akan selalu mengingat sejarah penderitaan yang dialami oleh kedua negara kami bersama dan pengorbanan banyak pria dan wanita," ujar RM.

Pernyataan itu mendapat kecaman dari fans BTS yang biasa disebut ARMY di China. Mereka merasa kecewa sebab BTS telah mengabaikan pengorbanan China selama Perang Korea.

Namun, tindakan Yunda Expess juga mencapat kritikan dari sejumlah konsumen. Mereka mempertanyakan bagaimana perusahaan itu memastikan pemberhentian pengiriman hanya untuk barang terkait BTS. Sejumlah konsumen pun berencana ajukan protes.

(fdl/fdl)