Updated

Bertemu Jokowi, PM Jepang Beri Utang Nyaris Rp 7 Triliun

Tim Detikcom - detikFinance
Selasa, 20 Okt 2020 18:47 WIB
Jokowi bertemu PM Jepang Yoshihide Suga (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Foto: Jokowi bertemu PM Jepang Yoshihide Suga (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo sore ini kedatangan tamu istimewa dari Jepang. Dia adalah Perdana Menteri Jepang yang baru, Yoshihide Suga. Salah satu hasil dari kunjungan itu, Jepang akan memberikan bantuan pinjaman hampir Rp 7 triliun.

Jokowi menjamu Suga beserta delegasinya di Istana Bogor. Sebelum melakukan pernyataan pers, keduanya sempat melakukan pertemuan singkat untuk membahas kerjasama yang akan dibangun.

"Kunjungan ke Indonesia adalah bagian dari rangkaian kunjungan pertama PM Suga setelah dilantik sebagai Perdana Menteri bulan September yang lalu. Hal ini menunjukkan arti penting Indonesia dan kawasan Asia Tenggara, ini juga merefleksikan komitmen bersama untuk terus memperkokoh kemitraan strategis antara Jepang dan Indonesia," kata Jokowi dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (20/10/2020).

Suga mengungkapkan telah dibicarakan mengenai hasil diskusi keduanya, mulai dari penanganan wabah COVID-19 hingga bidang ekonomi. Salah satunya Jepang akan memberikan pinjaman sebesar 50 miliar yen atau setara Rp 6,95 triliun.

"Dengan mempertimbangkan dampak penyebaran COVID-19 terhadap perekonomian Indonesia, pada kesempatan ini Jepang telah menetapkan pemberian pinjaman sebagai bantuan fiskal sebesar 50 miliar yen untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana Indonesia," ucapnya.

Bantuan pinjaman tersebut diberikan untuk penanggulangan bencana. Selain itu Jepang juga akan mendorong kerjasama terhadap lembaga pengkajian kesehatan di Indonesia melalui pemberian barang dan peralatan medis.

Berita ini sudah mengalami penyesuaian judul. Sebelumnya, redaksi menulis judul 'Bertemu Jokowi, PM Jepang Beri Utang Nyaris Rp 700 miliar'. Judul telah diganti menjadi 'Bertemu Jokowi, PM Jepang Beri Utang Nyaris Rp 7 Triliun'. Redaksi memohon maaf atas kesalahan ini.



Simak Video "Jepang Beri Pinjaman ke RI Hampir Rp 7 Triliun untuk Penanganan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(upl/upl)