Catat Nih, Peluang Bisnis Modal Tipis di Tengah Pandemi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 20 Okt 2020 19:45 WIB
Petugas menghitung uang setoran tunai di Kantor Cabang Pembantu Bank BNI, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2012). File/detikFoto
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Banyak orang ragu-ragu menjalankan bisnis karena terkendala modal. Namun, kini modal bukan tantangan utama karena ada solusi.

Terlebih, di era pandemi seperti sekarang ini, sebenarnya banyak peluang bisnis bermunculan.

Owner 101red.com Christina Lie mengatakan, peluang bisnis di tengah pandemi kuncinya ialah banyak usaha yang beralih dari offline ke online.

"Sebenarnya bisnis untuk anak muda modal minim itu banyak banget, apalagi di era pandemi. Kenapa, karena peluang usaha banyak banget di sini, offline yang masuk ke online," katanya dalam acara Festival Ide Bisnis detikcom yang disponsori PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), Selasa (20/10/2020).

Ada beberapa peluang bisnis bermunculan dari perubahan model bisnis dari offline ke online. Sebutnya, pertama, agensi content creator.

"Anak muda zaman sekarang ini bisa bikin agensi content creator karena kenapa bisnis-bisnis offline ketika masuk online mereka butuh konten-konten entah konten video, entah itu konten foto, entah itu konten TikTok, konten yang kreatif, konten iklan yang diiklankan," paparnya.

Kedua, agensi media sosial dan ketiga ialah fotografer atau videografer. Dia menuturkan, fotogrefer dan videografer saat ini menjanjikan karena orang butuh konten untuk memasarkan produknya.

"Kalau kalian punya bakat fotografer, videografer atau punya kamera tok deh, mulailah belajar di Youtube cara bikin video sinematik, seperti apa cara bikin food fotografi seperti apa yang bagus dan menjual," terangnya.

Kelima, reseller atau dropshiper. Dia menuturkan, modal dropshiper biasanya ialah modal seharga barang yang dibeli konsumen. Sebab, dropshiper biasanya mesti menalangi uang yang dipesan konsumen.

"Ibaratnya dropship kalau ada yang beli, lalu beli lagi ke suplier, kalian modalnya modal harga barang," ujarnya.

Dia melanjutkan, masih ada beberapa peluang bisnis lagi seperti bloger, freelance writer, minuman literan, hingga jasa belanja ke pasar.

"Jasa belanja ke pasar, masih banyak orang yang parno ke pasar untuk beli sayur atau buah," tutupnya.

(acd/dna)