Jokowi Lobi PM Jepang Permudah Ekspor Pertanian dan Perikanan RI

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 20 Okt 2020 20:45 WIB
Presiden Jokowi menerima PM Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor.
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini menerima kunjungan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga. Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta agar produk-produk pertanian dan perikanan RI dipermudah masuk ke Jepang.

Kepada Suga, Jokowi mengungkapkan permasalahan sulitnya izin impor untuk produk pertanian, kehutanan, dan perikanan Indonesia di Jepang. Dia meminta Suga agar menaruh perhatian atas hal itu.

"Saya tadi juga meminta perhatian terhadap Jepang adanya kendala izin impor untuk produk pertanian, produk kehutanan, dan produk perikanan dari Indonesia," ucapnya dilansir dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/10/2020).

Selain itu, Jokowi juga mengatakan RI dan Jepang sepakat membentuk koridor perjalanan khusus untuk bidang bisnis. Suga pun sepakat untuk melonggarkan bagi WNI yang mau ke Jepang untuk urusan bisnis.

"Saya dan PM Suga telah sepakat mengenai pentingnya pembentukan travel corridor arrangement bagi bisnis esensial. Kita juga sepakat menugaskan menteri luar negeri Jepang dan Indonesia untuk menegosiasikan detil dan menyelesaikannya dalam waktu 1 bulan," terangnya.

Keduanya juga membahas upaya penguatan kerja sama di bidang ekonomi. Indonesia menganggap Jepang sebagai salah satu negara strategis sebagai mitra di bidang ekonomi.

"Saya menyambut baik relokasi dan perluasan investasi perusahaan-perusahaan Jepang ke Indonesia seperti perusahaan Denso, Sagami, Panasonic, Mitsubishi Chemical, dan Toyota," tutur Jokowi.

(das/ara)