Siap-siap Deh! 85 Juta Pekerjaan Bakal Digantikan Robot

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 21 Okt 2020 09:50 WIB
Aneka robot di dunia yang melawan COVID-19.
Ilustrasi/Foto: (Pool)

Sementara posisi baru yang bakal muncul seperti profesi yang berkenaan dengan green economy, data dan artificial intelligence, serta pekerjaan baru di bidang teknik, komputasi awan, dan pengembangan produk.

Beberapa pekerja yang pekerjaannya rentan mungkin dapat alih profesi. Laporan itu menemukan bahwa 94% bisnis yang disurvei mengharapkan karyawannya untuk mengambil keterampilan baru di tempat kerjanya, meningkat tajam dari 65% pada 2018 lalu.

Analisis oleh tim sains data LinkedIn yang dilakukan untuk WEF menunjukkan bahwa banyak profesional yang telah pindah ke 'posisi baru' selama lima tahun terakhir berasal dari pekerjaan yang sama sekali berbeda, yang dalam beberapa kasus tidak memiliki keahlian yang sama.

Misalnya, setengah dari mereka yang beralih ke profesi ilmu data dan artificial intelligence berasal dari industri yang tidak terkait. Angka itu naik menjadi 67% dalam posisi teknik, 72% dalam posisi konten, dan 75% dalam penjualan.

Pemikiran kritis, analisis, dan punya kemampuan pemecahan masalah yang tinggi tetap menjadi salah satu keterampilan teratas yang dilihat oleh perusahaan terbesar di dunia sebagai faktor yang semakin penting selama lima tahun ke depan.

Keterampilan baru yang disoroti oleh perusahaan tentang bagaimana selama pandemi seseorang mampu mengatur kehidupan sehari-hari dengan baik, dan memiliki toleransi stres, ketahanan, dan fleksibilitas yang tinggi.

Oleh karena itu, berbagai perusahaan besar kini semakin berinvestasi dalam melatih kembali karyawannya yang ada. Laporan tersebut memproyeksikan bahwa setengah dari pekerja yang tetap dalam peran mereka perlu mempelajari keterampilan baru untuk melakukan pekerjaan mereka secara lebih efektif di dunia yang semakin serba otomatis ini.

Laporan WEF mengutip sebuah studi oleh penyedia pendidikan online Coursera, menemukan bahwa antara April dan Juni lalu ada peningkatan lima kali lipat dalam penyediaan pembelajaran online oleh pemberi kerja dan peningkatan empat kali lipat pada individu yang mencari peluang untuk belajar online secara mandiri.

Halaman

(ara/ara)

Tag Terpopuler