3 Info Seputar Pendaftaran Calon Pimpinan BPJS Kesehatan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 21 Okt 2020 19:30 WIB
Pegawai melayani peserta BPJS Kesehatan, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Rabu (22/4/2020). Pemerintah membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan mengikuti keputusan Mahkamah Agung (MA) nomer 7 tahun 2020 tentang pembatalan kenaikan iuran jaminan kesehatan per satu April 2020 bagi peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan peserta bukan pekerja (PB).
Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Jakarta -

BPJS Kesehatan bakal punya pimpinan baru. Para calon pimpinannya pun sudah mendaftar dan melalui seleksi administrasi.

Nantinya para calon pimpinan ini mengikuti serangkaian tes untuk maju ke tahap berikutnya. Selain itu panitia seleksi juga meminta masukan dari masyarakat terkait calon-calon ini.

Ada 184 pendaftar yang lolos seleksi administrasi. Dalam pengumuman Nomor: 05/Pengumuman/PANSEL/BPJS-K/X/2020 disebutkan pendaftar yang lolos seleksi administrasi diundang untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya. Berikut ini 3 informasinya.

1. Jalan Panjang Seleksi Pimpinan BPJS Kesehatan

Pada Rabu 21 Oktober digelar technical meeting untuk seleksi kompetensi. Kemudian pada Kamis digelar seleksi Computer Based Test (CBT) secara daring.

"Peserta yang tidak hadir mengikuti seleksi kompetensi bidang jaminan sosial kesehatan dinyatakan gugur," tulis pengumuman tersebut, dikutip Selasa (20/10/2020).

184 orang pendaftar akan mengikuti seleksi tersebut. Lalu, hasil seleksinya akan diumumkan pada 3 November 2020.

2. Nama-nama Besar pada Pendaftar

Dari 184 pendaftar yang lolos seleksi ada nama dr Achmad Yurianto yang merupakan pendaftar calon dari unsur pemerintah. Nomor registrasi K-WAS-I-01/02-00810 dengan status pekerjaan ASN Kementerian Kesehatan.

Kemudian untuk pendaftar dari unsur tokoh masyarakat ada Dr. Arie Zakaria Sp.OT yang bekerja di Kementerian Pertahanan, Okky Asokawati Padmodimuljo yang berstatus wiraswasta.

Selain itu juga ada pendaftar yang merupakan dosen di UPN Veteran Jakarta yaitu Dr. A Heri Iswanto, SKM, Mars. Kemudian ada Hakim Ad Hoc, Mahkamah Agung Pengadilan Negeri Medan Hamzah Lubis.

3. Banyak Nama Bankir

Ada Anggoro Eko Cahyo yang merupakan mantan wakil direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Ada juga Budi Satria Komisaris Utama PT Bank BRI Agroniaga, dan Dadang Setiabudi mantan Direktur IT BNI.

Kemudian ada Agus Susanto yang saat ini masih menjabat sebagai Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan. Serta Achmad Amri Aswono Putro yang merupakan Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk.

(fdl/fdl)