Tangguh Saat Krisis, TASPEN Raih Peringkat idAAA Stable Outlook

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Jumat, 23 Okt 2020 07:33 WIB
Taspen
Foto: Dok. Taspen
Jakarta -

PT TASPEN (Persero) meraih peringkat credit rating idAAA Stable Outlook dari lembaga pemeringkat PEFINDO. Peringkat idAAA mencerminkan karakteristik kesehatan keuangan yang terbaik karena idAAA adalah peringkat tertinggi atas kesehatan keuangan korporasi. Peringkat tersebut relatif setara dengan sovereign risk rate dari Republik Indonesia.

Sementara Stable Outlook menunjukkan kelangsungan perusahaan ke depannya dipandang stabil oleh PEFINDO selaku lembaga pemeringkat terpercaya dan terkemuka di Indonesia.

Direktur Utama PEFINDO Salyadi Saputra menyatakan peringkat idAAA Stable Outlook yang diperoleh TASPEN menunjukkan perusahaan mempunyai kemampuan yang superior dalam memenuhi seluruh kewajiban keuangannya dibandingkan entitas lainnya di Indonesia.


PEFINDO memperkirakan dampak dari pandemi COVID-19 terhadap profil risiko TASPEN tergolong minimal. Pandemi COVID-19 tidak akan berpotensi pada penurunan produksi premi bagi TASPEN. Hal ini menghapus kekhawatiran terhadap kinerja TASPEN di tengah pandemi COVID-19, serta volatilitas pasar modal yang mengakibatkan banyak bisnis lain terhempas krisis bahkan gulung tikar.

Direktur Utama TASPEN A.N.S. Kosasih menyampaikan peringkat id AAA dengan Stable Outlook yang diraih tersebut menunjukkan TASPEN sebagai BUMN Asuransi terbesar di Indonesia telah membuktikan kinerjanya yang tetap tangguh di tengah krisis baik dari sisi keuangan maupun operasional.

"Kami sangat bersyukur bahwa TASPEN tetap mampu membuahkan kinerja yang positif di tengah krisis yang melanda seluruh industri di Tanah Air, di mana industri keuangan dan pasar modal tidak luput dari krisis tersebut," ungkap Kosasih dalam keterangan tertulis, Jumat (22/10/2020).

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan TASPEN yang telah bekerja keras untuk menghasilkan kinerja terbaik. Menurutnya, yang telah dicapai TASPEN hingga saat ini merupakan buah dari implementasi strategi dan kebijakan TASPEN dalam menjalankan operasional yang prima, serta menerapkan investasi secara prudent, berhati-hati dan aman.

"Keandalan TASPEN yang tinggi dalam berinvestasi serta prinsip kehati-hatian yang kami pegang teguh menjamin keamanan dan imbal hasil dari dana yang diamanahkan kepada TASPEN," imbuhnya.

Hal di atas sejalan dengan implementasi nilai AKHLAK sebagai core values perusahaan yang diresmikan hari ini oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo bersama-sama dengan Komisaris Utama TASPEN Suhardi Alius dan Direktur Utama TASPEN A.N.S. Kosasih serta disaksikan oleh seluruh personel TASPEN dan anak-anak usahanya di seluruh Indonesia yang berjumlah lebih dari 1.600 orang secara daring.

AKHLAK merupakan core values yang wajib dianut oleh seluruh BUMN agar mampu menghasilkan budaya kerja dan kinerja terbaik sebagaimana diamanatkan Menteri BUMN dalam Surat Edaran Nomor SE-7/MBU/07/2020. Adapun AKHLAK merupakan sebuah akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Amanah, memegang teguh kepercayaan yang diberikan. Kompeten, terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.Harmonis, saling peduli menghargai perbedaan.
Loyal, berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Adaptif, terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan, Kolaboratif, membangun kerja sama yang sinergis.

Kartika Wirjoatmodjo mengapresiasi acara launching AKHLAK yang melibatkan Direksi, Komisaris, dan seluruh karyawan di seluruh Indonesia secara daring.

"Dengan launching yang sedemikian besar energinya ini harapan saya nilai AKHLAK benar-benar hidup di diri seluruh insan TASPEN, dan dengan dukungan dari Komisaris, Direksi, yang commited kepada core values ini harapan saya seluruh karyawan benar-benar bisa menginternalisasikan budaya ini di dalam keseharian seluruh insan TASPEN, baik dalam operasional perusahaan maupun untuk menjadi katalis dalam mencapai visi TASPEN ke depannya," ungkapnya.

Di 2020 dan 2021 TASPEN akan mendongkrak pertumbuhan anorganik melalui pembentukan dan akuisisi beberapa anak dan cucu perusahaan untuk menggenjot imbal hasil investasi di luar pasar modal yang semakin fluktuatif. TASPEN berencana mengembangkan sayap bisnis di bidang usaha Asuransi Jiwa, Asuransi Jiwa Syariah, Asuransi Jiwa Kredit, Asuransi Kerugian, Manajer Investasi, Manajer Investasi Syariah, Multifinance Perumahan dan Properti.

Untuk memastikan keberhasilan bisnisnya, TASPEN juga bermitra dengan para investor global yang memiliki permodalan kuat dan teknologi yang mumpuni untuk pengembangan ke depannya. Selain itu, TASPEN juga akan tetap berinvestasi di sektor infrastruktur, termasuk jalan tol, energi dan listrik. Sehingga diharapkan TASPEN dapat meningkatkan Yield on Investment di tahun-tahun ke depan, setelah berhasil membukukan 9,47% di tahun 2019 kemarin.

Dalam launching AKHLAK sebagai core values TASPEN, Kosasih kembali menyampaikan rasa syukur atas peringkat idAAA dengan Stable Outlook yang dicapai TASPEN. Ia mengatakan TASPEN selalu menerapkan prinsip PAHALA dalam seluruh kegiatan investasi dan operasional.

PAHALA adalah singkatan dari Pastikan Aman, Hasil, Andal, Likuid dan Antisipatif. Pastikan aman investasinya, pastikah selalu memberikan imbal hasil yang tinggi, pastikan selalu andal dalam pengelolaannya, pastikan selalu memiliki likuiditas yang memadai dan pastikan selalu antisipatif terhadap volatilitas pasar.

Ia berujar TASPEN menggunakan AKHLAK untuk meraih PAHALA. Dengan prinsip-prinsip ini. Ia berharap TASPEN akan selalu mampu menjaga kualitas kinerjanya tetap tinggi untuk mempertahankan peringkat idAAA Stable Outlook yang telah diraih saat ini.



Simak Video "Sidang Gugatan Cerai Dirut BUMN Ini Digelar Tertutup"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)