Awas Biro Haji-Umrah Abal-abal! Begini Cara Ceknya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 23 Okt 2020 08:45 WIB
Ilustrasi Bisnis Travel Haji Umroh
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Masih ingat kasus First Travel? Kasus yang terjadi beberapa waktu belakangan ini banyak menyita perhatian banyak pihak karena membuat puluhan ribu jamaah gagal berangkat ke Tanah Suci.

Di sisi lain, kasus ini memberikan pelajaran berharga untuk masyarakat tentang pentingnya memilih biro perjalanan/travel haji/umrah yang terpercaya. Bagaimana caranya?

Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah (Amphuri) Firman M Nur mengatakan, untuk mengecek biro haji dan umrah terpercaya saat ini bisa melalui aplikasi Umrah Cerdas. Lewat aplikasi yang dikembangkan Kementerian Agama ini, calon jamaah bisa melihat profil dari biro haji dan umrah.

"Di Umrah Cerdas ada akreditasi kriteria bintang 5, bintang 4, bintang 3, bintang 2 bintang 1," katanya dalam Media VIsit Trans Media, Kamis (22/10/2020).

Dia menambahkan, lewat aplikasi itu juga calon jamaah bisa melihat kualitas dari biro haji dan umrah. Menurutnya, untuk biro perjalanan terbaik akan mendapat predikat A.

"Terbaik A, cukup baik B, cukup C, sedangkan D iziinnya dicabut," sambungnya.

Dengan memakai aplikasi ini ia berharap masyarakat tidak dirugikan. Namun, ia menilai, sosialisasi untuk aplikasi ini belum maksimal.

"Insyaallah PPIU (penyelenggara perjalanan ibadah umrah) mereka tidak akan dirugikan dan pas cuma perlunya kiranya sama, ini faktornya sosialisasi. Kami merasa sosialisasi tidak maksimal," ujarnya.

(acd/eds)