Sandiaga Harap UMKM RI Bisa Tembus ke Pasar Amerika Selatan

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 24 Okt 2020 13:30 WIB
Sandiaga Uno
Foto: Ashri Fathan/detikcom
Jakarta -

Pengusaha nasional Sandiaga Uno menilai neraca dagang Indonesia yang surplus US$ 2,44 miliar pada September 2020 merupakan capaian positif. Ia mengapresiasi kinerja Kementerian Perdagangan.

"Saya mengapresiasi pencapaian pemerintah yakni mampu mempertahankan surplus neraca dagang selama 5 bulan berturut-turut dan surplus bulanan ke-7 sepanjang tahun ini," kata Sandiaga dalam keterangannya di Jakarta.

Dalam diskusi yang dihadiri oleh Menteri Perdagangan Agus Sparmanto, Sandiaga Uno juga meminta ke depan hal ini terus ditingkatkan. Salah satu caranya adalah mengembangkan UMKM Indonesia ke luar negeri.

Menurut dia, apabila UMKM Indonesia bisa melakukan hal itu, bisa dipastikan neraca dagang Indonesia akan selalu surplus. Selain itu, ekonomi dalam negeri juga akan membaik.

"Dari diskusi ini kami berharap UMKM kita dapat semakin bisa berkembang, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, lebarkan pasar hingga ke Amerika Selatan karena kita bisa temukan banyak kesamaan dalam pemenuhan kebutuhan pokok, terutama di sektor pangan," kata dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2