Kepala Bappenas Sebut Ekonomi RI Bisa Minus 1,1% Tahun Ini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 24 Okt 2020 21:00 WIB
Pemerintah berencana menghimpun anak-anak Indonesia ke dalam satu wadah. Wadah itu bernama Manajemen Talenta Nasional (MTN).
Foto: Grandyos Zafna

Memang untuk pemulihan setelah krisis dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak.

"Dibutuhkan pemulihan untuk pembangunan yang lebih baik disebut sebagai: 'Build Forward Better', yang akan menjadi tema SDGs kita ke depan," jelasnya.

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Arifin Rudiyanto menjelaskan Bappenas dalam rangka melaksanakan tugas koordinasinya sejak tahun 2018 sudah menginisiasi penyelenggaraan road to SDGs annual conference.

"Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional sebagai koordinator pelaksanaan SDGSs di Indonesia mengajak seluruh platform partisipasi dan masyarakat umum untuk bersama merumuskan solusi terbaik terhadap dampak COVID-19 untuk pencapaian SDGs di Indonesia," ungkap Arifin.

Menurut Arifin apa yang diupayakan saat ini sudah sejalan dengan langkah pemerintah yang fokus pada pencegahan penyebaran dampak COVID-19 serta pembangunan yang lebih baik.

"Acara hari ini merupakan kick off dari rangkaian virtual SDGs annual conference 2020 yang akan dilanjutkan dengan kompetisi virtual event dan pemilihan duta kampus SDGs Indonesia. Selanjutnya sebagai acara puncak virtual SDGs annual conference 2020 akan diselenggarakan pada bulan Desember 2020 nanti," jelas Arifin.

Lebih lanjut Arifin menghimbau kepada seluruh masyarakat sebagai pemangku kepentingan SDGs dapat ikut serta dalam acara kompetisi tersebut.

"Kami mendorong terlaksananya berbagai kegiatan yang diselenggarakan secara mandiri dalam bentuk seminar atau webinar, sesi diskusi, gerakan bersama, dan atau konten media social yang diselenggarakan di bawah paying acara road to SDGs annual conference yang dikoordinasikan oleh Bappenas dengan menggunakan hashtag SDGs Indonesia 2020 (#SDGsIndonesia2020)," jelas dia.

Halaman

(kil/ara)