'Diblokir' AS, Pertumbuhan Pendapatan Huawei Seret

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 26 Okt 2020 13:42 WIB
Huawei Mate Xs
Ilustrasi/Foto: Sina Mobile
Jakarta -

Huawei mencatat pertumbuhan penjualannya terhambat setelah pemerintah Amerika Serikat (AS) memperketat pembatasan terhadap perusahaan teknologi China. Akses perusahaan ke teknologi utama juga diputus.

Melansir CNN, Minggu (26/10/2020), perusahaan yang berbasis di Shenzhen pada hari Jumat melaporkan bahwa mereka mencatatkan pendapatan 671,3 miliar yuan (US$ 101 miliar) dalam sembilan bulan pertama tahun 2020.

Capaian itu sebenarnya naik 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tapi tren pertumbuhannya menurun dari sebelumnya yang naik 24%.

Perusahaan tidak mengungkapkan secara rinci pendapatannya. Namun Huawei mengungkapkan bahwa margin laba bersih 8%, turun dari tahun lalu 8,7%.

Huawei kini tengah berjuang mempertahankan bisnis di AS setelah pemerintah setempat membatasi akses perusahaan ke chip komputer canggih yang dibutuhkan untuk membangun peralatan telekomunikasi dan telepon pintar.

Sanksi terbaru pemerintah AS melarang perusahaan semikonduktor global yang menggunakan perangkat lunak dan mesin Amerika untuk memasok Huawei tanpa terlebih dahulu mendapatkan lisensi untuk melakukannya.

(das/eds)