Menhub Ajak Move On dari COVID-19, Maksudnya?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 26 Okt 2020 18:15 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Foto: Tangkapan layar
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi optimis virus Corona (COVID-19) di Indonesia suatu saat bisa terkendali. Meski masih merebak, dia mengajak agar siapapun bisa move on dari pandemi ini.

Budi Karya menyebut pemerintah sendiri sedang konsentrasi bagaimana caranya untuk bisa move on dari situasi pandemi COVID-19.

"Kita sekarang konsentrasi bagaimana kita harus move on. Presiden selalu memberikan arahan yang jelas pada kami. Pada 17 Agustus gunakan momentum ini, lakukan suatu perubahan yang fundamental bahkan kita lakukan satu kondisi yang harus jadi suatu keniscayaan harus kita capai," kata Budi Karya dalam webinar MarkPlus Government Roundtable, Senin (26/10/2020).

Budi Karya menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu memberikan arahan agar pandemi ini dapat terkendali. Salah satu yang didorong adalah soal percepatan penyerapan anggaran agar masyarakat dapat terbantu selama pandemi.

"Presiden selalu mengatakan pada kami pandemi ini tidak boleh lebih parah, kita harus spend uang, tenaga, pikiran, agar ini berakhir. Tapi kita tidak boleh berpangku tangan pada ekonomi. Paling tidak dengan adanya APBN sebagai stimulus ini bisa tetap memberikan suatu kesempatan kerja," ucapnya.

Dia menyebut pemerintah ingin move on dengan tetap melakukan kegiatan untuk percepatan pemulihan ekonomi tanpa melupakan cara pengendalian COVID-19.

"Kami selalu melakukan suatu upaya-upaya yang insentif untuk melakukan kegiatan atau move on di tengah pandemi ini," imbuhnya.

Menurutnya, semua aktivitas harus tetap berjalan seperti biasa. Yang terpenting masyarakat harus menjalankan protokol kesehatan dan berdoa agar vaksin bisa cepat disuntikkan dan situasi bisa kembali pulih.

"Bahkan kita juga mendorong agar kegiatan-kegiatan penerbangan lebih banyak agar peningkatan wisatawan domestik sampai Desember bisa berjalan dengan baik. Kita harus tetap melakukan protokol dengan baik dan jangan lupa kita harus selalu berdoa. Kita yakin bisa segera bangkit pada saat nanti vaksin sudah ada, kita bisa recover," tandasnya.

(dna/dna)