RI Ajak Kerja Sama Global Redam Imbas Corona ke Ekonomi

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 26 Okt 2020 22:45 WIB
Poster
Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan pentingnya kerja sama multilateral untuk menangani pandemi COVID-19. Dia menyebut negara manapun tidak bisa menyelesaikan masalah ini sendirian.

"Anda benar-benar harus mengatasi masalah ini melalui kerja sama global karena tidak mungkin menyelesaikannya sendiri. Itu yang paling penting," kata Sri Mulyani dalam acara B-20 Saudi Arabia Summit melalui video conference, Senin (26/10/2020) malam.

"Negara kita tidak mampu sendirian, karena banyak negara akan memiliki beban fiskal yang sangat besar. Bagi negara berpenghasilan rendah mereka pasti membutuhkan restrukturisasi atau dukungan yang mendalam agar mereka dapat melakukannya," tambahnya.

Sri Mulyani menambahkan saat ini dibutuhkan peran bank sentral untuk mengatasi pembiayaan defisit yang telah meningkat drastis selama COVID-19.

"Dan itu perlu dikomunikasikan dengan sangat jelas dan inilah peran multilateral untuk memberi isyarat bahwa bagi negara yang melakukan ini hal yang sebenarnya baik-baik saja. Mereka tidak menyalahgunakan independensi bank sentral atau malah mencoba menyalahgunakan dengan membelanjakan kebijakan fiskal mereka secara bertanggung jawab," tegas mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Tidak hanya di sektor ekonomi, kerja sama multilateral juga disebut penting dan harus dilakukan untuk pengembangan vaksin.

"Saya pikir itu akan menjadi sangat penting bagi lembaga multilateral untuk memainkan peran itu dan juga, saat kita memasuki vaksin ini dan pasca pandemi. Akan ada juga yang membutuhkan kerja sama yang lebih kuat. Jadi suka tidak suka, mereka dipaksa bekerja sama," tutur Sri Mulyani.

(hns/hns)