Fantastis! Ant Group IPO, Kekayaan Jack Ma Melonjak Rp 396 T

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 27 Okt 2020 12:58 WIB
Bill Gates Jack Ma
Foto: Getty Images
Jakarta -

Penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO) terbesar dari perusahaan finansial Ant Group menambah kekayaan orang terkaya di China Jack Ma sebesar US$ 27 miliar atau sekitar Rp 396 triliun (kurs Rp 14.650). Selain Ma, ada 18 orang yang akan menjadi miliarder baru di China setelah IPO itu.

Melansir dari Forbes, Selasa (27/10/2020) jika saham Ma di Ant Group ditambah dengan kepemilikan saham di Alibaba kekayaannya menjadi sebesar US$ 68 miliar. Nilai itu membuat Ma, menduduki urutan pertama orang terkaya di China dan terkaya ke-12 di dunia menurut Forbes Real-Time Billionaires List.

IPO yang dikabarkan senilai US$ 35 miliar ini menandakan China mempunyai pengaruh besar di bidang keuangan digital dan tengah berkembang pesat. Tentu akan meningkatkan posisi China di pasar modal Internasional. Mengingat saat ini China tengah mempromosikan dan meningkatkan industri teknologi terutama pada semikonduktor.

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia China menghasilkan banyak miliarder baru. Bahkan jumlah miliarder China saat ini mengalahkan Amerika Serikat. Adapun miliarder baru di China salah satunya CEO Alibaba Group Daniel Zhang yang memiliki saham Ant senilai US$ 1,5 miliar

Perusahaan China yang mencari valuasi yang lebih tinggi di dalam negerinya dari pada dengan AS telah mengubah dunia industri teknologi selama beberapa tahun terakhir. Salah satunya Ant Grup dan ada ada pemasok panel surya Trina, raksasa periklanan Focus Media, dan pembuat peralatan medis Mindray.

(eds/eds)