Perjalanan Kereta ke Semarang Ditambah, Cek di Sini

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Selasa, 27 Okt 2020 15:08 WIB
Imbas Corona, PT KAI Daop 5 Purwokerto Batalkan 54 Perjalanan
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Semarang -

Perjalanan kereta api di PT KAI Daop 4 Semarang pada liburan panjang Maulid Nabi ditambah 4 perjalanan. Kereta yang ditambah perjalanannya yaitu KA Menoreh dan KA Argo Muria.

Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan penambahan perjalanan KA Menoreh pada tanggal 27 Oktober dan KA Argo Muria tanggal 1 November ini untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pelanggan pada masa libur long weekend tersebut.

"Pada masa libur panjang akhir pekan nanti, PT KAI siap melayani pelanggan dengan menambah perjalanan KA, dengan begitu akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat," kata Kris dalam siaran pers nya, Selasa (27/10/2020).

Ia menjelaskan, jumlah perjalanan Kereta Api jarak jauh yang melintasi Daop 4 Semarang sebanyak 27 perjalanan KA di tambah 4 perjalanan KA produk Daop 4 Semarang menjadi total 31 perjalanan KA. Ada beberapa KA yang pengaturan pola operasinya dijalankan pada hari hari tertentu.

"KA favorit yang dapat dipesan di masa Long Weekend nanti diantaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir PP, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen PP, dan berbagai KA lainnya," jelasnya.

Krisbiyantoro juga menjelaskan soal peningkatan jumlah tempat duduk yang KAI sediakan selama libur panjang pekan ini, yaitu tanggal 27 Oktober 2020 sebanyak 17.641 tempat duduk, tanggal 28 ada 14.879 tempat duduk, tanggal 29 ada 13.409 tempat duduk, tanggal 30 ada 15.478 tempat duduk, tanggal 31 ada 16.473 tempat duduk, dan tanggal 1 November 15.391 tempat duduk.

"Tiket KA Long Weekend libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya," jelas Kris.

Pihak PT KAI juga mengingatkan soal protokol kesehatan pada libur Long Weekend, seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas COVID-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

(alg/hns)