3 Fakta Khabib Nurmagomedov Dulang Kekayaan hingga Pensiun

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 27 Okt 2020 19:00 WIB
ABU DHABI, UNITED ARAB EMIRATES - OCTOBER 23: In this handout image provided by UFC, Khabib Nurmagomedov of Russia poses on the scale during the UFC 254 weigh-in on October 23, 2020 on UFC Fight Island, Abu Dhabi, United Arab Emirates. (Photo by Josh Hedges/Zuffa LLC via Getty Images)
Khabib Nurmagomedov/Foto: (Zuffa/LLC via Getty Images/Handout)
Jakarta -

Bintang MMA Khabib Nurmagomedov mengambil keputusan yang mengejutkan. Pria berjuluk 'The Eagle' pensiun setelah mengalahkan Justin Gaethje.

Khabib memiliki karier yang mentereng. Hingga saat ini dia belum pernah kalah. Hal itu membuat dirinya semakin kaya.

Namun apakah kantong Khabib sudah cukup untuk pensiun? Berikut 3 faktanya:

1. Berharta Rp 438 M

Dilansir Wealthygorilla, kekayaan bersih Khabib tahun ini diperkirakan mencapai US$ 30 juta atau setara Rp 438 miliar.

Kariernya sebagai atlet petarung bebas memang cukup mentereng. Dia dua kali juara Combat Sambo World Champion dan juara yang terkalahkan di UFC Lightweight Champion. Khabib juga memegang rekor tak terkalahkan di MMA.

2. Karier Mentereng

Khabib melakukan debutnya di MMA pada tahun 2008. Dalam sebulan ia mendapatkan empat kali kemenangan, tiga di antaranya dilakukan dalam sehari.

Bulan berikutnya, ia memenangkan kejuaraan turnamen Piala Atrium perdana di Moskow. Dalam tiga tahun berikutnya, Khabib memenangkan 12 pertandingan, termasuk kemenangannya di debut M-1 Global pada tahun 2009.

Namun pada September 2014 dan 2015, ia harus membatalkan beberapa pertandingan karena cedera dan kesehatan yang buruk. Pada 2016, Khabib kembali bertanding dan berhasil menang melawan pendatang baru Darrell Horcher di UFC.

3. Pensiun di Puncak Kejayaan

Pada 2017, ia dijadwalkan untuk melawan Tony Ferguson untuk Kejuaraan Kelas Ringan Interim, namun, ia jatuh sakit karena beberapa komplikasi yang muncul dari proses penurunan berat badan dan ronde harus dibatalkan.

Nurmagomedov dan Edson Barboza berhadapan satu sama lain di UFC 219 pada 30 Desember 2017. Nurmagomedov mendominasi lawannya di ketiga ronde pertarungan dan kemudian menang dengan keputusan bulat.

Pada 6 Oktober 2018, Nurmagomedov mempertahankan gelar ringan UFC melawan Conor McGregor di UFC 229 dengan mengalahkan McGregor di babak keempat melalui kuncian. Pertandingan keduanya saat itu begitu menarik perhatian dunia.

Kini Khabib Nurmagomedov memutuskan untuk pensiun usai mengalahkan Justin Gaethje. Kemenangan itu merupakan rekor kemenangan sempurna tak pernah kalah dengan catatan 29-0.

(ara/ara)