Hari Pertama Cuti Bersama, Suasana Mal di Jakarta Ramai Nggak?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 14:35 WIB
Suasana Mal di Jakarta Pusat hari pertama cuti bersama
Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Hari ini merupakan hari pertama jatuhnya cuti bersama yang ditetapkan pemerintah. Pusat perbelanjaan (mal) di DKI Jakarta bisa jadi salah satu tempat pilihan untuk menghabiskan waktu berlibur.

Berdasarkan pantauan detikcom pada jam makan siang, di gedung West Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, di hari pertama cuti bersama ini tampak beberapa area ramai dikunjungi. Meskipun, tidak ada antrean yang berarti sehingga masyarakat masih bisa saling menjaga jarak.

Area yang paling ramai dikunjungi yakni di tenant food & beverage karena bertepatan dengan makan siang. Mereka tampak santai menikmati waktu makan siang bersama teman, hingga keluarga.

Suasana Mal di Jakarta Pusat hari pertama cuti bersamaSuasana Mal di Jakarta Pusat hari pertama cuti bersama Foto: Anisa Indraini

Sedangkan lantai-lantai lain terutama tenant accessory, IT & gadget, hair and beauty, hingga department store terlihat sepi. Sedangkan di tenant fashion ada beberapa brand yang menjadi favorit masyarakat untuk dikunjungi dan berbelanja.

Meski begitu, menurut salah satu petugas di lokasi, jumlah pengunjung yang datang hari ini masih sama pada kemarin-kemarin. Sampai siang hari, menurutnya belum ada peningkatan khusus jumlah pengunjung di hari pertama cuti bersama ini.

"Sama saja (pengunjung yang datang), nggak ada peningkatan. Sama saja memang seperti ini dari kemarin," katanya kepada detikcom, Rabu (28/10/2020).

Bergeser ke Plaza Indonesia, masih di Jakarta Pusat, menampilkan pemandangan yang lebih sepi. Tenant food & beverages di sini lebih sepi saat jam makan siang di hari pertama cuti bersama.

Secara keseluruhan, jika dilihat secara kasat mata jumlah pengunjung di mal satu ini lebih sedikit dibanding di Grand Indonesia. Tidak ada antrean atau barisan di eskalator, lift, dan ATM center. Begitu juga dengan toilet dan mushola, tampak sepi tak berpenghuni.

Suasana Mal di Jakarta Pusat hari pertama cuti bersamaSuasana Mal di Jakarta Pusat hari pertama cuti bersama Foto: Anisa Indraini

Tenant-tenant seperti fashion & accessory, IT & gadget, hair & beauty, Art, Craft & Antique, hingga department store juga terlihat sepi pengunjung.

Berdasarkan salah satu petugas keamanan, katanya memang belum ada lonjakan jumlah pengunjung meskipun ada cuti bersama. Dia berharap tingkat keterisian mal bisa lebih banyak saat malam hari nanti.

"Belum ada peningkatan nih. Mungkin malam kali ya," ucapnya.

(eds/eds)