Siap-siap, Pengunjung Mal Diramal Melonjak saat Long Weekend

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 15:54 WIB
Suasana Mal di Jakarta Pusat hari pertama cuti bersama
Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Libur telah tiba. Berdasarkan keputusan pemerintah, hari ini mulai diterapkannya cuti bersama dan menjadi libur panjang sampai 1 November mendatang.

Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja meyakini libur panjang ini akan memberikan dampak signifikan terhadap jumlah pengunjung di pusat perbelanjaan (mal). Dia memperkirakan akan ada lonjakan pengunjung sekitar 25-35% di libur panjang ini.

"Pada saat libur panjang ini diperkirakan akan terjadi peningkatan tingkat kunjungan (mal) sebesar 25-35%" kata Alphonzus kepada detikcom, Rabu (28/10/2020).

Sebelumnya detikcom telah melakukan pantauan di mal pusat Jakarta yakni Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. Di gedung West Mal Grand Indonesia, tampak beberapa area ramai dikunjungi terutama tenant food & beverage karena bertepatan dengan makan siang. Meskipun, tidak ada antrean yang berarti sehingga masyarakat masih bisa saling menjaga jarak.

Sedangkan Plaza Indonesia menampilkan pemandangan yang lebih sepi. Tenant food & beverages di situ lebih sepi meskipun saat jam makan siang di hari pertama cuti bersama.

Menurut Alphonzus, peningkatan jumlah pengunjung memang belum terlihat hari ini karena sejumlah pegawai swasta masih ada yang bekerja. Dia memperkirakan lonjakan pengunjung baru akan terjadi mulai besok.

"Hari ini yang swasta masih banyak yang tidak ikut libur. (Peningkatan pengunjung) mulai besok," tandasnya.

(eds/eds)