Daniel Mananta Hadiahi Jokowi Sepeda, Berapa Harganya?

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Rabu, 28 Okt 2020 16:00 WIB
Moeldoko saat menerima donasi 15 sepeda lipat bertema Hari Sumpah Pemuda. Donasi diserahkan CEO PT Roda Maju Bahagia, Hendra dengan CEO  Damn! I Love Indonesia, Daniel Mananta (Dok istimewa)
Foto: Moeldoko saat menerima donasi 15 sepeda lipat bertema Hari Sumpah Pemuda. Donasi diserahkan CEO PT Roda Maju Bahagia, Hendra dengan CEO Damn! I Love Indonesia, Daniel Mananta (Dok istimewa)
Jakarta -

Niat baik Daniel Mananta memberikan hadiah sepeda lipat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) justru malah menjadi sorotan. Banyak pihak menyebut sepeda tersebut bisa berpotensi menjadi bentuk gratifikasi.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menjelaskan pemberian sesuatu yang bernilai di atas Rp 10 juta dapat dikategorikan sebagai gratifikasi. Menurut Habiburokhman, hal itu tertuang dalam Pasal 12 B Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).

Maka dari itu, dia menyarankan Jokowi membeli sepeda yang dihadiahkan tersebut agar tidak menjadi polemik.

"Kalau nilainya di atas Rp 10 juta maka, berdasarkan Pasal 12 B UU Tipikor, dapat dikategorikan gratifikasi," jelas Habib kepada wartawan, Rabu (28/10/2020).

Daniel sendiri memberikan sepeda itu ke Jokowi lewat Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (26/10/2020) kemarin. Sepeda yang diberikan adalah produksi merek lokal, Element dengan tipe Ecosmo 10 Sp edisi Damn Sumpah Pemuda.

Sepeda itu dibuat khusus dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda ke-92 pada 28 Oktober. Lalu, berapa sih harga sepeda yang dihadiahkan Daniel ke Jokowi, dan apa saja fiturnya?

Dilansir detikcom dari laman resmi elementmtb.com, Rabu (28/10/2020), Element Ecosmo 10sp Edisi Damn Sumpah Pemuda merupakan sepeda lipat yang dibanderol seharga Rp 5.750.000. Sepeda ini memiliki frame terbuat dari Alloy yang tahan terhadap karat bergaransi 5 Tahun.

Selain itu sepeda ini juga memiliki kecepatan 10sp, serta memiliki sistem pengereman yang menggunakan metode Hydraulic Disk Brake.

Sepeda ini memiliki berat 13,8 kg. Memiliki warna dominan hitam-merah dengan beberapa aksen putih.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga sudah menyoroti kasus pemberian sepeda ini. KPK mengimbau Jokowi segera melaporkan sepeda lipat pemberian Daniel itu.

KPK menilai Jokowi diharuskan melaporkan pemberian sepeda paling lambat 30 hari kerja. Nantinya, KPK yang akan menetapkan sepeda itu apakah menjadi milik negara atau Jokowi.



Simak Video "Jokowi Kaget Ramai soal Sepeda dari Daniel Mananta, Moeldoko Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)