Catat Tanggalnya! Harga Emas Bisa Turun ke Rp 960 Ribu/Gram

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 30 Okt 2020 15:27 WIB
Harga emas terus merangkak naik. Hari ini, harga emas Antam bahkan tembus Rp 1 juta. Pergerakan harga emas ini pun diperkirakan masih akan mengalami kenaikan.
Emas Batangan/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Malam ini harga emas global diyakini bakal merosot paling dalam ke level US$ 1.830 per troy ounce. Bila sampai ke level itu, harga emas Antam kemungkinan bisa ikut anjlok ke level Rp 960 ribuan/gram.

"Kemungkinan malam ini terjadi penurunan paling dalam. Bisa saja malam ini akan ke US$ 1.830 per ounce troy. Kemungkinan besar logam mulia itu Rp 960 ribuan/gram," ujar Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi kepada detikcom, Jumat (30/10/2020).

Harga segitu sudah cukup relatif murah buat investor untuk mulai lagi mengkoleksi emas.

"Pada saat harga emas internasional di US$ 1.830 per ounce troy, kemungkinan rupiah pun di Rp 14.600 an artinya apa harga relatif lebih murah. Secara jangka menengah dan panjang ini akan menguntungkan bagi investor," ungkapnya.

Sedikit berbeda dari Ibrahim, menurut Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra tak ada yang bisa mengetahui pergerakan harga emas ke depan seperti apa. Namun, kemungkinan harga emas masih akan terus merosot sampai sentimen negatif mulai dari isu stimulus AS hingga pandemi COVID-19 dapat dibalikkan menjadi sentimen positif. Paling tidak, usai pemilu AS, ada sedikit pergerakan positif buat harga emas naik lagi ke level Rp 1 jutaan/gram.

"Tidak ada yang tahu ya kalau itu, cuma sekarang kelihatannya masih akan lanjut dalam jangka pendek karena isu-isu ini belum berhasil dibalikkan, mungkin setelah pemilu, kalau ada pemerintahan baru terus stimulus dikeluarkan mungkin bisa berbalik menguat untuk harga emas," terangnya.

Namun, untuk jangka pendek ini, harga emas diprediksi akan berada di kisaran Rp 970.000-an hingga Rp 980.000-an per gramnya.

"Support-nya saya lihat untuk emas di US$ 1.830 - US$ 1.850 per ounce troy dalam jangka pendek kalau dikonversi ke LM ya mungkin Rp 970 ribuan sampai Rp 980 ribuan," ucapnya.

(ara/ara)