Ini Penyebab Harga Emas Antam Kian Jauh Tinggalkan Rp 1 Juta/Gram

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 30 Okt 2020 13:12 WIB
Harga emas terus merangkak naik. Hari ini, harga emas Antam bahkan tembus Rp 1 juta. Pergerakan harga emas ini pun diperkirakan masih akan mengalami kenaikan.
Emas Antam/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Harga emas Antam hari ini makin jauh tinggalkan level Rp 1 juta/gram. Sebelumnya, harga emas juga sudah anjlok Rp 12.000 dan hari ini kembali turun Rp 3.000 ke level Rp 992.000 per gram.

Menurut Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi penurunan harga emas Antam belakangan ini dipicu oleh penurunan harga emas global.

"Jadi gini, emas (global) ini memang kemarin sempat mengalami penurunan yang cukup signifikan hampir penurunannya itu di level paling rendahnya itu di US$ 1.859 per ounce troy hampir mau mendekati bisa saja sore ini malam ini akan ke US$ 1.830 per ounce troy," ujar Ibrahim kepada detikcom, Jumat (30/10/2020).

Penurunan harga emas global dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya terkait minimnya kejelasan tentang kesepakatan stimulus Amerika Serikat (AS). Stimulus yang dinanti banyak pihak ini sampai sekarang tak juga kunjung cair.

"Stimulus yang seharusnya sudah digelontorkan rupanya sampai saat ini di AS belum, kemungkinan besar setelah tanggal 8 November, karena apa, kongres ini adalah masa jabatan terakhir, di kongres partai republik dan demokrat yang masih reses sampai tanggal 8 sehingga tanggal 9 mereka baru masuk kemungkinan besar tanggal 9 baru dilakukan stimulus," terangnya.

Nah di sisi lain dipengaruhi oleh sentimen persaingan Donald Trump dan Joe Biden jelang Pemilu AS yang diselenggarakan 3 November mendatang.

"Secara jajak pendapat dimenangkan oleh Joe Biden tapi bisa saja dalam praktiknya nanti Trump itu akan memenangkan pilpres ini. Nah ini yang pasar itu sedang menunggu," sambungnya.

Namun, siapapun yang memenangkan pilpres tersebut stimulus yang dinanti tetap bakal cair. Hal itu tentu mengakibatkan penguatan pada indeks dolar AS dan kebalikannya buat emas justru bakal melemah.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2