Catat Nih, Bocoran Seleksi CPNS 2021

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 30 Okt 2020 20:15 WIB
Tes CPNS Pemkab Blitar Gugur
Foto: Erliana Riady
Jakarta -

Pemerintah masih membuka peluang bagi masyarakat yang ingin jadi abdi negara pada tahun depan. Sebab, pemerintah kembali menggelar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021.

Jadi, bagi masyarakat yang tidak lolos pada seleksi CPNS formasi 2019 tak perlu berkecil hati karena masih ada kesempatan.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian memastikan seleksi CPNS akan kembali dibuka tahun depan. Bahkan, lanjut dia, jumlahnya lebih banyak.

"Mengenai jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021, kami perkirakan akan lebih besar dari jumlah formasi tahun 2019," katanya kepada detikcom, ditulis Jumat (30/10/2020).

Formasi tahun depan akan lebih banyak karena pada tahun ini pemerintah tidak membuka seleksi CPNS.

"Sehingga jumlah kebutuhan formasi kemungkinan diakumulasikan di formasi tahun 2021," sambungnya.

Andi belum merinci jumlah serta formasi yang akan dibuka untuk CPNS 2021. Sebab, saat ini dalam tahap penyusunan formasi, jumlah dan berbagai persiapan lainnya.

"Masih sedang dalam tahap penyusunan jenis formasi, jumlah formasi dan berbagai persiapan lainnya. Hingga saat ini, pemerintah sedang fokus menyelesaikan rangkaian penerimaan CPNS 2019 dan juga membahas waktu atau bulan yang tepat untuk mengumumkan penerimaan CPNS dan PPPK formasi tahun 2021," paparnya.

Selain membuka seleksi CPNS, pemerintah juga akan membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun depan.

"Akan ada penerimaan PPPK untuk formasi tahun 2021," ucapnya.

(acd/dna)