Jangan Sampai Gagal, Ini Syarat Ajukan BLT UMKM Tahap II

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 30 Okt 2020 20:35 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pemerintah masih membuka kesempatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mendaftar bantuan presiden (banpres) produktif tahap II. Bantuan ini berupa bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta.

Bagi UMKM yang ingin mendapat bantuan tersebut sebaiknya memperhatikan syarat dan ketentuannya. Sehingga, tidak gagal saat mendaftar.

Mengutip laman resmi depkop.go.id, syarat yang harus dibawa untuk pendaftaran yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap beserta Kartu Tanda Penduduk (KTP), alamat tempat tinggal, bidang usaha, dan nomor telepon.

Pada saat proses pendaftaran pastikan data yang menjadi persyaratan itu valid. Selain itu pastikan seluruh data terisi. Sebab sistem akan menolak jika data tidak valid dan ada yang kosong.

BLT UMKM Tahap II hanya bisa diperoleh pengusaha jika diusulkan:

1. Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM di wilayah setempat
2. Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
3. Kementerian/Lembaga
4. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

Tidak semua pedagang bisa mendapat bantuan tersebut. Syaratnya, pelaku UMKM tidak sedang menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan, pelaku usaha merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul.

Tak hanya itu, pengusaha mikro juga bukan berasal dari anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri ataupun pegawai BUMN/BUMD. Bagi pelaku UMKM yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

(acd/dna)