Banyak Saingan, 'Starbuck Keliling' Seret Omzet saat Demo Buruh

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 02 Nov 2020 13:40 WIB
Pedagang di Tengah Demo
Foto: Soraya Novika
Jakarta -

Tak seperti aksi demo biasanya, aksi demo kali ini sepertinya tak banyak bawa keuntungan buat para pedagang kopi keliling atau biasa disebut starling (starbucks keliling).

Pada aksi demo penolakan Undang-undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja sebelumnya rata-rata starling mengaku sangat diuntungkan, sampai ada yang omzetnya meningkat dua kali lipat dari hari-hari biasa. Namun, keuntungan yang sama tak berlaku lagi buat aksi demo kali ini.

Meski massa yang datang cukup banyak, namun saingannya pun juga ikut menjamur.

"Apaan yang untung gede, ini aja baru berhasil jual dua minuman doang," keluh Didik, pedagang starling kepada detikcom, Senin (2/11/2020).

Ia meyakini bahwa penurunan penjualannya di momen demo kali ini disinyalir karena menjamurnya pedagang starling lain yang mulai sadar peluang dari demo semacam ini. "Banyakan pedagangnya, makanya ini agak susah," sambungnya.

Pedagang starling lainnya, Saipul juga mengalami nasib serupa. Biasanya sejam ia nongkrong di sekitaran massa demo, ia mampu menjual 10-15 gelas minuman ringan ke massa demo, namun kali ini sulit sekali mencapai capaian tersebut.

"Baru segini-gini aja yang kejual (1-3 gelas minuman ringan), gatau dah sampai sore nanti gimana," kata Saipul.

Meski begitu ia tak patah semangat, ia mengakali persaingan kali ini dengan lebih semangat jualannya.

"Paling saya lebih banyak mutar-mutar terus sambil terus nawarin ke massa demo, biar ada yang mau beli," sambungnya.

(fdl/fdl)