Corona Ganas! Dua Pabrik Tutup, Buruh Kena PHK

Dian Utoro Aji - detikFinance
Selasa, 03 Nov 2020 14:09 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Kudus -

Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kudus mencatat dua perusahaan di Kota Kretek yang tutup karena pandemi virus Corona. Akibatnya puluhan orang terkena PHK.

"Iya ada dua perusahaan, awal pandemi perusahaan yang bergerak di sol sepatu di Gondoharum Kecamatan Jekulo dan ini ada tambah lagi perusahaan bergerak di bidang cor di Jalan Lingkar Kencing Desa Jati Wetan Kecamatan Jati," kata Kabid Hubungan Industrial dan Perselisihan Ketenagakerjaan pada Dinas Perinkop dan UKM Kudus, Agus Juanto saat ditemui di kantornya Jalan Conge nomor 99 Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kudus, Selasa (3/11/2020).

Agus menuturkan awal pandemi perusahaan bergerak sol sepatu di Desa Gondoharum Kecamatan Jekulo harus tutup. Padahal perusahaan itu baru akan dibuka dan mengakhiri kontrak belasan pekerja.

"Gondoharum tutup karena karyawan sedikit sehingga pabrik tali dan sol sepatu itu tutup," kata Agus.

Berikutnya, perusahaan bergerak pada bidang pengecoran terletak di Jalan Lingkar Kudus. Perusahaan tersebut pun harus tutup, karena kondisi pandemi virus Corona.

"Terus ada lagai yang menyatakan tutup itu ada lagi perusahaan di Jalan Lingkar Kencing (Desa Jati Wetan Kecamatan Jati, Kudus) itu tutup. Perusahaan Jayamix yang bergerak di bidang cor tutup karena proyek negara itu kan hampir tidak ada, kemudian (pembangunan) dana desa juga tidak ada. Pengecoran dana desa tidak ada sehingga ditutup," jelas dia.

Langsung klik halaman selanjutnya