ADVERTISEMENT

Mau Beli PS5? Simak Nih 5 Tips Siapkan Duitnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 04 Nov 2020 12:20 WIB
PlayStation 5
Foto: Sony Interactive Entertainment
Jakarta -

Playstation 5 alias PS 5 menjadi viral di media sosial beberapa hari ini. Pasalnya ada filter IG PS 5, yang membuat pengguna Instagram seakan-akan sudah memiliki PS 5.

PS 5 sendiri belum dirilis di Indonesia, kemungkinan perilisannya masih menunggu konsol ini dirilis di Amerika Serikat. Dari catatan detikcom, harganya diperkirakan bisa mencapai Rp 5-10 juta per unit.

Mengingat harganya cukup mahal, otomatis untuk mendapatkannya harus menabung terlebih dahulu. Apalagi bagi kaum milenial yang gajinya tergolong tidak besar.

Perencana keuangan Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho membagikan tips menyiapkan dana untuk membeli PS 5 kepada detikcom. Ini 5 tipsnya.

1 Menabung Minimal 10% dari Gaji Pokok

Andy mengatakan cara paling simpel menyiapkan dana membeli PS 5 adalah dengan menabung dari gaji pokok. Jumlahnya bisa disesuaikan kebutuhan dan kemampuan tiap orang, hal itu juga akan mempengaruhi berapa lama waktu menabungnya.

Tapi, dia menegaskan sebelum menabung, pastikan dulu biaya-biaya tetap tiap bulan bisa dipenuhi dari gaji pokok.

"Yang jelas memang harusnya menabung ya. Nah nabung ini sesuai dengan kemampuannya dia. Pertama harus pastikan biaya yang fix dipenuhi dulu, misalnya, bayar utang, sewa rumah, kredit, pokoknya biaya yang tiap bulan mesti dibayar," kata Andy kepada detikcom, Rabu (4/11/2020).

Menurutnya, paling pas menabung 10% dari gaji pokok tiap bulan. Andy mengatakan kemungkinan dengan menabung seperti ini membuat penyesuaian pada biaya hidup sehari-hari.

"Kalau menurut saya paling pas nabungnya 10% dari gaji, diambil dari di luar dana fix tadi. Maka dari itu mungkin ada penyesuaian pada biaya sehari-harinya, mungkin uang nongkrong bisa berkurang," jelas Andy.

Lanjut ke halaman berikutnya>>>

2 Tambah Pemasukan, Main Reksa Dana

Apabila menabung waktunya lama, Andy menyarankan untuk masuk ke dalam instrumen investasi. Dia menyebut, reksa dana pasar saham paling cocok. Pasalnya, untuk investasi ke instrumen ini sangat murah dan mudah. Imbal hasilnya pun cukup lumayan menghasilkan.

"Nah kan mungkin bisa lama ya itu kalau nabung begitu doang, makanya dianjurkan untuk menabung di instrumen investasi yang bisa kasih imbal hasil. Paling mudah dan murah ya reksa dana pasar saham, imbal hasilnya juga lumayan bagus, bisa 3-4%, kalau untung bisa juga 10%," ujar Andy.

"Bisa saja tiap bulan 500 ribu misalnya ditaruh di situ, mungkin paling lama nabung setahun bisa dikejar," lanjutnya.

Apabila mau menabung secara konsisten bisa juga menggunakan instrumen tabungan berjangka. Secara otomatis, uang akan dipotong dari rekening untuk ditabung. Tapi instrumen ini kurang disarankan karena imbal hasilnya kecil.

"Bisa juga ke tabungan berjangka, itu kan otomatis motong di rekening jadi konsisten. Cuma kurang disarankan karena imbal hasilnya kecil," kata Andy.

3 Cari Kerja Sampingan

Kalau benar-benar berniat main PS 5, Andy menyebut bisa juga sedikit berkorban mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukan.

"Buat tambah pemasukan lagi, kalau memang dia niat banget mau beli PS 5, bisa aja dia mulai cari kerja tambahan, part time-an misalnya kerja freelance," ujar Andy.

4 Jual PS yang Lama

Menjual barang juga bisa jadi opsi menambah pemasukan untuk membeli PS 5. Tapi perlu diperhatikan jangan sampai gelap mata menjual semua barang yang dibutuhkan.

"Kalau memang mau jual barang perlu diperhatikan juga, jangan sampai gelap mata jual barang yang ternyata masih dibutuhkan. Misalnya, di rumah ada laptop dua, kalau yang satu jarang digunakan jual aja," kata Andy.

Apabila di rumah memiliki konsol game yang sudah lama bisa saja dijual, misalnya sebelumnya sudah punya PS 3 atau PS 4 bisa saja dijual untuk menambah pemasukan.

"Atau begini dia punya konsol game lainnya di rumah, ya jual aja kalau mau beli PS 5. Ibaratnya tukar tambah lah, jual yang lama, tambahin sedikit, bisa beli yang baru," kata Andy.

5 Beli Cepat! Pakai Kartu Kredit atau Paylater

Kalau mau cepat, Andy menyebut ada opsi menggunakan kartu kredit. Tapi dia tidak terlalu menyarankan hal ini.

Khawatirnya, dengan sering menggunakan kartu kredit membuat berutang jadi kebiasaan untuk memenuhi keinginan. Belum lagi berutang akan menjadi beban di kemudian hari.

"Tapi ada sih kalau memang mau cepat, tapi ini nggak terlalu disarankan. Kalau mau cepat ya beli PS 5 pakai kartu kredit, atau fitur paylater. Cuma sekali lagi ini kurang disarankan, karena nanti bisa kebiasaan memenuhi keinginan dengan berutang," kata Andy.

"Ini juga bakal membuat beban-beban baru di kemudian hari malahan, belum lagi kena bunganya," katanya.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT