Segera Ada Vaksin, Ekonomi RI Bisa Pulih Bu Sri Mulyani?

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 04 Nov 2020 14:02 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan perekonomian Indonesia masih dihantui ketidakpastian pada tahun 2021. Dirinya bahkan menyebut pandemi Corona tetap berlanjut di tahun depan.

Hal itu menyusul masih panjangnya proses penemuan vaksin Corona. Dia bilang, saat ini sudah ada sekitar 25 jenis vaksin yang sedang diproduksi. Namun, produk tersebut harus mendapat cap dari badan internasional seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Jadi tahun 2021 kita masih akan menghadapi pandemi ini meskipun mungkin pengobatan vaksinnya sudah mulai muncul," kata Sri Mulyani dalam acara Simposium Nasional Keuangan Negara (SNKN) 2020 secara virtual, Rabu (4/11/2020).

Sri Mulyani bilang, proses vaksinasi baru bisa dilakukan usai vaksin lolos uji keamanan dan keandalan dari berbagai lembaga. Oleh karena itu, dirinya mengatakan ketidakpastian ekonomi masih akan berlanjut di tahun 2021.

"Tahun 2021 kita tetapnya sama karena ternyata sampai akhir tahun walau ada upaya penemuan vaksin, itu tidak akan terjadi secara serentak dan cepat pada awal 2021," jelasnya.

Selain masalah vaksin, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan penyebaran COVID-19 gelombang kedua menjadi faktor ketidakpastian di tahun 2021.

"Jadi kita jangan underestimate bahwa tantangan ini masih harus kita hadapi dan kelola sama-sama," ungkapnya.



Simak Video "Sri Mulyani: Sertifikasi Halal Buat UMKM Mau Digratiskan"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/zlf)