Cek Bansos BST Rp 300 Ribu, Cukup Klik https://dtks.kemensos.go.id

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 07 Nov 2020 19:47 WIB
Pengembalian Uang Korupsi Samadikun

Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Toni Spontana (tengah) menyerahkan secara simbolis kepada Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto (ketiga kanan) uang ganti rugi korupsi Bantuan Likuidasi Bank Indonesia (BLBI) dengan terpidana Samadikun Hartono di Gedung Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (17/5/2018). Mantan Komisaris Utama PT Bank Modern Samadikun Hartono terbukti korupsi dana talangan BLBI dan dihukum 4 tahun penjara serta diwajibkan mengembalikan uang yang dikorupsinya sebesar Rp 169 miliar secara dicicil. Grandyos Zafna/detikcom

-. Petugas merapihkan tumpukan uang milik terpidana kasus korupsi BLBI Samadikun di Plaza Bank Mandiri.
Foto: grandyos zafna/Cek Bansos BST Rp 300 Ribu, Cukup Klik https://dtks.kemensos.go.id
Jakarta -

Pemerintah tetap akan memberikan Bansos Tunai atau BST Kemensos pada tahun 2021. Untuk mengetahui apakah kamu termasuk sebagai penerima atau bukan, masukkan NIK KK lalu cek bansos.

Dalam situs Kemenko PMK, bansos yang sudah disalurkan adalah Program Sembako, program keluarga harapan (PKH), BST, Bansos Jabodetabek, Bansos beras KPM PKH, Bansos tunai KPM sembako. Nilai yang disalurkan Rp 112,9 triliun.

Bansos ini baru menyerap anggaran 80 persen dari 100 persen anggaran yang disiapkan pemerintah senilai Rp 127,2 triliun. Menurut Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), sesuai arahan Presiden Joko Widodo, penyaluran bansos akan tetap diteruskan pada tahun 2021.

Muhadjir menerangkan, beberapa program bansos reguler rencananya akan tetap dilaksanakan pada tahun 2021 seperti sebelumnya, yaitu PKH untuk 10 juta KPM dan Program sembako/bantuan pangan non tunai (BPNT) untuk 18,8 juta KPM.

Sementara itu, untuk bansos non reguler yang akan diberikan adalah BST yang jumlahnya ditingkatkan semula 9 juta KPM pada tahun 2020 menjadi 10 juta KPM di tahun 2021.

Penyaluran bansos pada 2021 tetap disalurkan melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Desa.

Nilai BST untuk 10 Juta KPM di luar DKI Jakarta akan sama seperti tahun 2020, yaitu sebesar Rp 300.000 per bulan.

Untuk bansos beras bagi 10 juta KPM PKH, menurut Muhadjir, akan kembali dipertimbangkan penyalurannya pada tahun 2021. Berlanjut tidaknya mempertimbangkan kondisi stok beras Bulog.

Untuk kamu yang mau mengecek apakah sebagai penerima bantuan atau tidak, masukkan NIK KK di https://dtks.kemensos.go.id/.

Berikut cara cek bansos BST Rp 300 Ribu:

a. Buka link https://dtks.kemensos.go.id/.

b. Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Cara mudahnya, pilih NIK.
c. masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
d. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.
e. Klik kata 'cari' lalu akan muncul data apakah kamu penerima bantuan sosial bansos BST.

Itulah cara cek bansos BST Rp 300 Ribu. Selamat mencoba!

(nwy/pal)