Penjelasan soal Mandalika yang Disebut Jadi Sirkuit Cadangan MotoGP 2021

Vadhia Lidyana - detikFinance
Minggu, 08 Nov 2020 09:04 WIB
Sirkuit Mandalika
Foto: Dok. ITDC
Jakarta -

Dorna Sports telah merilis jadwal sementara pelaksanaan MotoGP 2021. Di dalamnya, Indonesia berada dalam daftar reserve date, serta berstatus subject to homologation (homologasi).

Status homologasi itu pun jadi pertanyaan, apakah sirkuit Mandalika jadi cadangan atau tidak. Menjawab itu, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku penyelenggara MotoGP Indonesia di Mandalika menjelaskan, arti dari reserve venue itu adalah hak istimewa bagi Indonesia yang bisa memilih tanggal pelaksanaan balapan.

"Apakah itu di Oktober, atau November, terserah Indonesia. Tapi tergantung juga jalur logistik distribusi Dorna, itu kan ada dari Motegi (Jepang), turun ke Buriram (Thailand), lalu bisa ke Indonesia, dari Indonesia bisa masuk ke Phillip Island (Australia), lalu naik ke atas Sepang (Malaysia), baru ke Valencia," ungkap Chief Strategic and Communication Officer MGPA Happy Harinto kepada detikcom, Sabtu (7/11/2020).

Sementara itu, maksud dari homologasi sendiri, Happy menegaskan bahwa itu bukan berarti cadangan. Melainkan, daftar dari ketentuan dan spesifikasi yang wajib dipenuhi untuk menyelenggarakan MotoGP 2021 di Mandalika.

"Intinya adalah kesempatan itu yang kita manfaatkan. Reserve date adalah seperti itu, bukan berarti cadangan, pengertiannya bukan itu. Bagaimana subject to homologation? Ini namanya sirkuit baru pertama, dari tanah coba bayangkan, ini baru pertama kali mau ngadain balapan. Tentunya homologasi itu dibutuhkan," terang Happy.

Dihubungi secara terpisah, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) yang dipimpin Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meyakini MotoGP 2021 akan tetap digelar di Mandalika.

"Yakin, iyalah. Kita saja kan berhasil untuk Asian Games yang jauh lebih besar, dan berbagai kegiatan, jadi kami yakin berhasil," tegas Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo R.M Manuhutu.

Ia menerangkan, semua target konstruksi sirkuit sudah sesuai jadwal. Sehingga, Dorna Sports kemungkinan akan melakukan pemeriksaan sirkuit Mandalika pada Februari 2021 mendatang.

"Pihak Dorna akan mengecek kesiapan sirkuit pada bulan Februari. Dari situ akan ditentukan kapan tahun depan dilaksanakannya. Yang bisa dipastikan adalah sirkuitnya pasti jadi. Dan 2-3 minggu lalu kita ke sana mengecek, sudah ada perkembangan yang cukup pesat. Awal tahun depan sudah mulai bisa dites. Karena pengaspalannya akan dimulai pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Jadi secara teknis sudah berjalan," urai Odo.

lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Tegas! Jokowi Minta Pembongkaran Logistik Tanpa Izin Tak Terjadi di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]