Pemerintah Yakin MotoGP 2021 Tetap Digelar di Mandalika

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 07 Nov 2020 18:30 WIB
Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menargetkan proses konstruksi sirkuit di Mandalika, Lombok Tengah, NTB rampung Juni 2021. Berikut progres pembangunannya.
Foto: (Dok. MGPA)
Jakarta -

Jadwal sementara MotoGP 2021 telah dirilis oleh Dorna Sports. Dalam jadwal itu, sirkuit MotoGP Mandalika, Indonesia masuk dalam daftar reserve venue dan berstatus subject to homologation (homologasi). Meski begitu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) meyakini MotoGP 2021 akan tetap digelar di Mandalika.

"Yakin, iyalah. Kita saja kan berhasil untuk Asian Games yang jauh lebih besar, dan berbagai kegiatan, jadi kami yakin berhasil," tegas Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo R.M Manuhutu kepada detikcom, Sabtu (7/11/2020).

Ia menerangkan, semua target konstruksi sirkuit sudah sesuai jadwal. Sehingga, Dorna Sports kemungkinan akan melakukan pemeriksaan sirkuit Mandalika pada Februari 2021 mendatang.

"Pihak Dorna akan mengecek kesiapan sirkuit pada bulan Februari. Dari situ akan ditentukan kapan tahun depan dilaksanakannya. Yang bisa dipastikan adalah sirkuitnya pasti jadi. Dan 2-3 minggu lalu kita ke sana mengecek, sudah ada perkembangan yang cukup pesat. Awal tahun depan sudah mulai bisa dites. Karena pengaspalannya akan dimulai pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Jadi secara teknis sudah berjalan," papar Odo.

Selain itu, ia menerangkan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku penyelenggara MotoGP Indonesia di Mandalika telah meneken kontrak pelaksanaan MotoGP selama 10 tahun. Sehingga, perhelatan MotoGP tak hanya di tahun 2021.

"Dan kontraknya kan untuk 10 tahun sampai 2031. Jadi sebenarnya lihatnya bukan hanya saat ini. Tapi lihatnya ini upaya kita untuk mempromosikan Mandalika, untuk menciptakan demand-nya," ungkap Odo.

Bahkan, Odo mengatakan kualitas dan spesifikasi sirkuit Mandalika di atas kualitas dan spesifikasi sirkuit untuk balapan Formula 1 (F1). Oleh karena itu, ia mengatakan nantinya sirkuit Mandalika ini juga bisa digunakan untuk perhelatan F1.

"Mungkin yang harus dilihat adalah sirkuit di Mandalika ini kualitasnya lebih tinggi dari sirkuit F1. Jadi kegiatan di Mandalika untuk MotoGP bisa, ke depannya bisa juga untuk F1. Jadi ke depan lihatnya dari sisi itu, kualitas untuk bangunannya," tutup Odo.

(fdl/fdl)