Daftar Kebijakan Biden dan Dampaknya ke RI

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 09 Nov 2020 07:29 WIB
Joe Biden: Perjalanan panjang menuju Gedung Putih, dua kali mencoba dan dirundung tragedi keluarga
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Amerika Serikat (AS) akan memiliki presiden baru. Joe Biden resmi memenangkan Pilpres AS. Kini seluruh dunia menanti arah kebijakan Biden khususnya di bidang ekonomi.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Andry Satrio Nugroho menilai setidaknya ada 5 arah kebijakan ekonomi Biden ke depannya. Pertama perjanjian perdagangan.

Menurut Andry, Biden akan cenderung berfokus pada perjanjian perdagangan kerjasama regional. Biden akan mengerem kerjasama perdagangan yang bersifat bilateral.

Kedua, perang dagang antara AS dan China diperkirakan akan terus berlanjut. Bahkan tensi perang dagang diyakini akan bertambah tinggi.

"Kalau dikatakankan apakah trade war akan menurun tensinya? Saya rasa tidak. Akan tetap ada dan tensinya justru akan meningkat," ucapnya dalam acara konferensi pers online INDEF, Minggu (8/11/2020).

Andry yakin akan hal itu, sebab Biden mengkritik pedas saat Trump menandatangani perjanjian perdagangan fase I dengan China. Biden mengatakan hal itu tidak akan bisa meningkatkan produksi dalam negeri AS dan hanya seperti cek kosong bagi AS.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Donald Trump Enggan Mengaku Kalah, Biden: Itu Memalukan"
[Gambas:Video 20detik]