Presiden AS Terpilih Joe Biden Punya Julukan 'Amtrak Joe', Artinya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 08 Nov 2020 22:30 WIB
Joe Biden merasa terhormat, menang dalam pemilihan presiden Amerika Serikat 2020, Trump akan mulai upaya legal
Foto: BBC World
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memiliki sejumlah nama lain atau julukan. Tapi, salah satu yang terkenal ialah 'Amtrak Joe'.

Julukan ini melekat pada Biden yang dikaitkan dengan moda transportasi utamanya ke Washinton DC dan kembali ke rumahnya Delaware. Rutinitasnya naik kereta tersebut dimulai dari sebuah tragedi tapi seiring berjalannya waktu ia menjadi pendukung kereta selama sebagai senat sampai wakil presiden.

Lalu, apa yang membuat Amtrak melekat pada Joe Biden?

Seperti dikutip mariclaire, Minggu (8/11/2020), Biden menjadikan Amtrak sebagai alat transportasinya karena sebuah tragedi. Ia kehilangan istri dan putrinya karena kecelakaan tragis pada tahun 1972. Karena kecelakaan itu, putranya juga mengalami luka parah, hingga membuatnya disumpah sebagai senat di sebelah tempat tidur putranya.

Sejak saat itu, ia mulai naik Amtrak ke dan dari Washington, DC setiap hari dengan waktu perjalanan sekitar 90 menit. Dengan moda transportasi itu, ia bisa berada di rumah bersama anak laki-lakinya.

Biden mengendarai Amtrak setiap hari selama 36 tahun. Ia melakukan perjalanan lebih dari 2 juta mil, atau setara empat tahun hidupnya di Amtrak.

Biden juga merupakan pendukung besar perjalanan kerata api dengan memfasilitasi pinjaman lebih dari US$ 2 miliar pada tahun 2016 untuk membantu mereka memperbaharui kereta dan stasiun. Ia bahkan membuat blog untuk Hufftington Post tentang mengapa Amerika membuatuhkan kereta api. Itu tak lain berbicara mengenai tentang penting Amtrak bagi hidupnya.

Pada tahun 2011, Stasiun Wilmington Amtrak dinamai menurut namanya, dan pada pengumuman itu dia memberikan komentar.

"Sebenarnya, saya tidak pantas menerima ini, kecuali Anda menghargai umur panjang," katanya.

"Segalanya, baik atau buruk dalam karier saya, orang pertama yang saya temui sedang naik kereta. Mereka adalah orang pertama yang ada untuk saya. Maksud saya, secara harfiah. Mereka akan berkata, 'Joe, ini akan baik-baik saja'," sambungnya.

(acd/dna)