Kisah Inspiratif

Kunci Sukses Bill Gates Berharta Rp 1.600 T Meski Tak Lulus Kuliah

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 09 Nov 2020 08:30 WIB
Bill Gates
Foto: Instagram @thisisbillgates
Jakarta -

Siapa yang tak tahu Bill Gates? Namanya seakan betah berada dalam deretan orang terkaya di dunia. Sejak usia 32 tahun, dia sudah masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Dilansir dari Forbes, Senin (9/11/2020), pria kelahiran Seattle, Washington, pada 28 Oktober 1955 ini memiliki kekayaan bersih US$ 118,2 miliar atau setara dengan Rp 1.666,6 triliun. Kekayaan itu membawanya kini berada di urutan ketiga terkaya di dunia.

Bagaimana bisa dia memperoleh kesuksesan itu? Sebagian besar kekayaannya berasal dari perusahaan perangkat (software) lunak komputer terbesar di dunia, Microsoft yang didirikannya sejak usia 20 tahun bersama temannya, Paul Allen.

Sejak remaja, dia selalu memiliki pemikiran bisnis dan hasrat yang luar biasa untuk pemrograman. Sejak usia 13 tahun, ketika sekolahnya menyertakan sistem komputer arsitektur mikro, Bill Gates dan temannya itu biasa menghabiskan sebagian waktu untuk menulis program dan menerapkan ide eksperimen mereka melalui pemrograman.

Suatu waktu, ada ayah temannya yang merupakan seorang programmer senior di Computer Center Corporation (CCC). Saat itu kondisinya sedang menderita kerugian finansial yang sangat besar karena para peretas, hingga akhirnya Gates ditawarkan untuk bekerja mencari tahu kelemahan dari keamanan sistem agar mereka dapat melakukan pertahanan yang tepat terhadap para peretas.

Sejak saat itu Gates terus menjadi bagian dari CCC. Pada 1971, Gates ditawari membuat perangkat lunak untuk CCC. Kali itu dia dibayar untuk perangkat lunak tersebut setiap kali organisasi memperoleh keuntungan.

lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Elon Musk Salip Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia Lagi"
[Gambas:Video 20detik]