Menantu Erdogan Resign dari Kursi Menkeu Turki

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 09 Nov 2020 08:20 WIB
Turkish President Tayyip Erdogan poses with his new cabinet at the Presidential Palace in Ankara, Turkey July 9, 2018. REUTERS/Umit Bektas
Foto: Reuters
Jakarta -

Menteri Keuangan Turki Berat Albayrak mengambil keputusan yang mnegejutkan. Dia menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan yang dia emban saat ini dengan alasan kesehatan.

Pria yang juga menantu dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan itu menyatakan keputusan itu melalui akun instagramnya yang telah diverifikasi.

"Setelah menjabat di posisi kementerian selama hampir lima tahun, saya mengambil keputusan untuk tidak melanjutkan tugas saya (sebagai menteri keuangan) karena masalah kesehatan," Albayrak dilansir dari Aljazeera, Senin (9/11/2020).

Albayrak mengatakan akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya. Dia mengaku telah mengabaikan keluarganya semenjak terjun di dunia politik.

Seorang pejabat di Kementerian Keuangan Turki telah mengonfirmasi pengunduran diri Albayrak, menurut kantor berita Reuters.

Albayrak menikah dengan putri sulung Erdogan, Esra, dan telah menjadi menteri keuangan sejak 2018. Ia pernah menjadi menteri energi antara tahun 2015 dan 2018.

Belum diketahui apakah pengunduran diri itu akan diterima oleh Erdogan. Pejabat Turki juga belum membuat pernyataan apa pun tentang perkembangan tersebut.

Ketika Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengundurkan diri awal tahun ini, Erdogan menolak menerimanya dan Soylu tetap di posnya hingga hari ini.

Pengunduran diri Albayrak terjadi sehari setelah Erdogan memecat gubernur bank sentralnya. Penyebabnya lantara mata uang Turki, lira telah anjlok hingga 30% terhadap dolar Amerika Serikat sejak awal tahun.

Gubernur bank sentral yang baru adalah mantan Menteri Keuangan Naci Agbal menggantikan Murat Uysal yang baru menjabat selama 16 bulan. Uysal dipecat oleh keputusan presiden pada hari Sabtu kemarin.



Simak Video "Presiden Turki Erdogan Disuntik Vaksin Sinovac"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)