3 Fakta Pensiunan PNS Bisa Dapat Modal Rp 500 Juta

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 09 Nov 2020 18:00 WIB
Ilustrasi uang tunai
Foto: Getty Images/iStockphoto/CraigRJD
Jakarta -

Bank Mandiri Taspen (Mantap) meluncurkan program untuk memberikan modal usaha kepada pensiunan PNS dan TNI/Polri. Besaran modal usaha yang bisa didapat dengan plafon maksimal hingga Rp 500 juta.

Program itu hasil kerja sama dengan Toko Mandiri Indogrosir (TMI). Berikut 3 hal yang harus diketahui:

1. Buka Usaha Warung

Modal yang didapat para pensiunan yang mengajukan program itu untuk membuka usaha warung dengan dua paket yang ditawarkan yaitu Paket Silver dan Paket Gold.

Paket Silver menawarkan 500 item dagangan senilai Rp 22 juta dan perangkat/peralatan toko dengan luas toko 3X4 M2. Sedangkan untuk Paket Gold para nasabah mendapatkan 700 item dagangan dengan luas toko 3X5 M2 serta peralatan-peralatan penunjang toko.

mau tahu cara daftarnya? cek halaman selanjutnya

2. Cara Pendaftaran

Chief Finance Officer (CFO) Bank Mantap Fajar Ari Setiawan menjelaskan, program ini bertujuan untuk membantu nasabah PNS atau TNI/Polri yang aktif maupun pensiunan yang ingin membangun usaha warung.

"Mekanismenya sederhana, Nasabah silahkan datang ke Bank Mantap terdekat, dan pastikan bahwa di kota nasabah tinggal terdapat Indogrosir sebagai partner kami yang akan membantu membuka warung mulai dari survey lokasi, persiapan perlengkapan, penyediaan barang dagangan, hingga pembinaan setelah membuka warung," terangnya kepada detikcom, Jumat (6/11/2020).

Untuk mengajukan kredit syaratnya relatif mudah, di antaranya:

- Pembayaran Pensiunan di Bank Mantap
- Mengajukan kredit di Bank mantap dengan membawa KTP, NPWP dan SK Pensiun/PNS Aktif

Sementara jika nasabah memiliki dana dan ingin mendapatkan warung secara gratis, cukup menyimpan dana sebesar Rp 180 juta, ditahan selama 60 bulan. Deposit dan tenor dana ditahan dapat disesuaikan dengan kesediaan dana nasabah.

3. Bisa Bebas Pilih Usaha

Nasabah bisa memanfaatkan program ini untuk modal kegiatan usaha lainnya. Namun program ini tidak diperuntukan untuk kegiatan konsumtif.

Marketing Communication Head Bank Mantap Bimo Ari Bowo menambahkan, para pensiunan PNS dan TNI/Polri bisa memanfaatkan modal usaha untuk bisnis yang sesuai dengan minatnya.v Tawaran warung hanya sebagai alternatif pilihan usaha.

"Bisa untuk hidroponik, ternak ikan, ternak bebek atau ayam dan lain-lain," ucapnya.

Usaha yang dijalankan itu dibebaskan kepada nasabah, tergantung dari potensi yang dimiliki oleh masing-masing tempat tinggal nasabah.



Simak Video "PAN Buat Sayembara Bantuan Modal UMKM hingga Rp 2,2 M"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)