Tak Cuma Penumpang, Awak Kabin Juga Terjebak Macet ke Soetta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 10 Nov 2020 09:48 WIB
Kemacetan terjadi di tol Cengkareng selepas keluar menuju bandara Soekarno Hatta. Para penumpang pesawat yang hendak menuju bandara pun ikut terjebak macet.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Beberapa jadwal penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang mengalami delay imbas dari macet panjang di tol Sedyatmo akses bandara.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan kemacetan panjang telah membuat para awak kabin yang bertugas kesulitan menuju bandara.

Alhasil pesawat pun tak bisa terbang karena pramugari hingga pilotnya pun terjebak macet panjang.

"Jadi ini memang delay-nya juga karena kan terjadi macet panjang, awak kabin, pramugari, dan pilot juga kan pada telat masuk bandara jadinya pesawat nggak bisa terbang juga," kata Novie kepada detikcom, Selasa (10/11/2020).

Menurutnya kemacetan di jalan tol akses bandara memang sudah terjadi sejak lama. Dia menyebut macet sudah terjadi sejak malam tadi.

Imbas dari kejadian tersebut, Novie mengatakan Kemenhub memberikan arahan untuk melakukan delay jadwak pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

"Itu kan macetnya lama banget udah dari semalam malahan kan, makanya kita gunakan manajemen delay ini. Semua penerbangan delay 3 sampai 4 jam," ujar Novie.

Kemacetan panjang sendiri terjadi karena penjemputan Habib Rizieq Shihab setelah kepulangannya dari Arab Saudi. Para simpatisan sang imam besar berkumpul untuk menyambut Habib Rizieq di bandara Soekarno-Hatta.

(eds/eds)